Penulis / NIM
MOHAMAD SUGIANTO N. SALAM / 841410171
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
dr. ZUHRIANA K YUSUF, M.Kes / 0006017405
Pembimbing 2 / NIDN
DR ROSMIN ILHAM, S.Kep,Ns,MM / 0007
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad Sugianto N Salam, (2014). Hubungan Tingkat Pendidikan Perawat dengan Penerapan Komunikasi Terapeutik di ruang G3 bawah RSUD Prof. Dr. Aloei Saboe Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Zuhriana K. Yusuf dan Pembimbing II Rosmin Ilham. Daftar Pustaka : 30 (2002-2014)
Tingkat pendidikan yang tinggi dapat mempengaruhi motivasi perawat bekerja terhadap tindakan keperawatan yang akan dilakukan. Di ruang G3 bawah RSUD Prof. Aloei Saboe penerapan komunikasi terapeutik masih belum baik dan hanya bersifat rutinitas, hal ini disebabkan oleh pengetahuan, sikap, dan tingkat pendidikan yang rendah. Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan tingkat pendidikan perawat dengan penerapan komunikasi terapeutik.
Penelitian ini menggunakan metode Observasional pendekatan Cross sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 30 orang. Sampel sebanyak 30 orang. Pengambilan sampel secara total sampling, dengan menggunakan analisis univariat dan bivariat (Spearman Rank). Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi.
Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat pendidikan perawat di ruang G3 bawah RSUD Prof. Dr. Aloei Saboe sebagian besar DIII yaitu sebanyak (86,67%), sedangkan untuk penerapan komunikasi terapeutik sebagian besar cukup yaitu (66,67%). Dari hasil penelitian bahwa ada hubungan tingkat pendidikan perawat dengan penerapan komunikasi terapeutik dengan nilai korelasi 0,579 dan nilai p 0,001 (< 0,05) ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima.
Kesimpulannya bahwa ada hubungan tingkat pendidikan perawat dengan penerapan komunikasi terapeutik di ruang G3 bawah RSUD Prof. Dr. Aloei Saboe Kota Gorontalo Tahun 2014. Untuk itu diharapkan kepada perawat agar dapat mengaplikasikan ilmu komunikasi terapeutik yang telah diperoleh melalui pendidikan saat melaksanakan asuhan keperawatan di tempat bekerja.
Kata Kunci : Pendidikan, Komunikasi Terapeutik
Download berkas