SKRIPSI

Penulis / NIM
MOHAMAD SUGIANTO N. SALAM / 841410171
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
dr. ZUHRIANA K YUSUF, M.Kes / 0006017405
Pembimbing 2 / NIDN
DR ROSMIN ILHAM, S.Kep,Ns,MM / 0007
Abstrak
ABSTRAK Mohamad Sugianto N Salam, (2014). Hubungan Tingkat Pendidikan Perawat dengan Penerapan Komunikasi Terapeutik di ruang G3 bawah RSUD Prof. Dr. Aloei Saboe Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Zuhriana K. Yusuf dan Pembimbing II Rosmin Ilham. Daftar Pustaka : 30 (2002-2014) Tingkat pendidikan yang tinggi dapat mempengaruhi motivasi perawat bekerja terhadap tindakan keperawatan yang akan dilakukan. Di ruang G3 bawah RSUD Prof. Aloei Saboe penerapan komunikasi terapeutik masih belum baik dan hanya bersifat rutinitas, hal ini disebabkan oleh pengetahuan, sikap, dan tingkat pendidikan yang rendah. Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan tingkat pendidikan perawat dengan penerapan komunikasi terapeutik. Penelitian ini menggunakan metode Observasional pendekatan Cross sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 30 orang. Sampel sebanyak 30 orang. Pengambilan sampel secara total sampling, dengan menggunakan analisis univariat dan bivariat (Spearman Rank). Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat pendidikan perawat di ruang G3 bawah RSUD Prof. Dr. Aloei Saboe sebagian besar DIII yaitu sebanyak (86,67%), sedangkan untuk penerapan komunikasi terapeutik sebagian besar cukup yaitu (66,67%). Dari hasil penelitian bahwa ada hubungan tingkat pendidikan perawat dengan penerapan komunikasi terapeutik dengan nilai korelasi 0,579 dan nilai p 0,001 (< 0,05) ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya bahwa ada hubungan tingkat pendidikan perawat dengan penerapan komunikasi terapeutik di ruang G3 bawah RSUD Prof. Dr. Aloei Saboe Kota Gorontalo Tahun 2014. Untuk itu diharapkan kepada perawat agar dapat mengaplikasikan ilmu komunikasi terapeutik yang telah diperoleh melalui pendidikan saat melaksanakan asuhan keperawatan di tempat bekerja. Kata Kunci : Pendidikan, Komunikasi Terapeutik
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011