Penulis / NIM
ASRI APRILIANTI NUKE / 841411017
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
RINI FAHRIANI ZEES, S.Kep, Ns., M.Kes / 00011181
Pembimbing 2 / NIDN
dr SRI ANDRIANI IBRAHIM, M.Kes / 0007037104
Abstrak
ABSTRAK
Asri Aprilianti Nuke. 2015. Efektivitas Musik Klasik Dalam Pembelajaran Terhadap Tingkat Kognitif Anak di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Program Studi Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Rini Fahriani Zees, S.Kep.,Ns.,M.Kep dan pembimbing II dr. Sri Andriani Ibrahim, M.Kes
Masa golden age atau magic year adalah masa dimana anak cepat belajar menerima berbagai stimulus yang diikuti oleh pertumbuhan dan perkembangan yang sangat cepat dan pesat pada berbagai aspek termasuk kognitif. Para ahli berpendapat bahwa musik klasik dijadikan untuk pendidikan sebagai media stimulasi otak anak dalam belajar dikarenakan musik ini memiliki keseimbangan antara 4 unsur musik yaitu melodi, harmoni, irama (rhytme), dan warna suara (timbre). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas musik klasik dalam pembelajaran terhadap tingkat kognitif anak di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo.
Design penelitian Pre-Experimental Design dengan rancangan One Group Pretest-Postest Design. Sampel adalah anak kelas B4 di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo yang berjumlah 18 orang anak ditentukan dengan teknik Total Sampling. Data dikumpul menggunakan lembar observasi dan dianalisis dengan uji Wilcoxon Signed Ranks Test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian musik klasik efektif dalam meningkatkan tingkat kognitif anak dengan nilai p value 0,009 (
Download berkas