Penulis / NIM
SURYANI Y. KARIM / 841411022
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
RINI FAHRIANI ZEES, S.Kep, Ns., M.Kes / 00011181
Pembimbing 2 / NIDN
/ 00070371
Abstrak
ABSTRAK
Suryani Y. Karim. 2015. Gambaran Kualitas Pelayanan di Puskesmas Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Keperawatan, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Ns.Rini Fahriani Zees S.Kep, M.Kep, dan Pembimbing II dr. Sri Andriani Ibrahim, M. Kes.
Puskesmas merupakan Instansi Kesehatan yang menawarkan pelayanan yang bersifat menyeluruh, berpadu, dapat diterima dan dijangkau oleh masyarakat. Masyarakat sebagai pelanggan pelayanan kesehatan bukan hanya sekedar menuntut pelayanan kesehatan saja, tetapi juga menuntut pelayanan kesehatan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan (Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty) di Puskesmas Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode Survey Deskriptif. Populasi adalah seluruh masyarakat yang datang berobat di Puskesmas Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Sampel diambil dengan tekhnik Accidental Sampling jumlah sampel 34. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi Tangible dengan kategori baik sebanyak 82,4%, kurang 17,6%. Dimensi Reliability dengan kategori baik 88%, kurang 11,8%. Dimensi Responsiveness dengan kategori baik 91,2%, kurang 8,8%. Dimensi Assurance dengan kategori baik 100%. Dimensi Emphaty dengan kategori baik 97,1%, kurang 2,9%. Peneliti melakukan observasidi dapatkan beberapa indikator yang tidak sesuai dengan jawaban responden. Disarankan pihak Puskesmas agar mempertahankan dimensi yang sudah baik dan meningkatkan indikator lain yang masih kurang.
Kata Kunci :Puskesmas, Kualitas Pelayanan,
Daftar Pustaka :37 (2004-2015)
Download berkas