Penulis / NIM
MEYKE R. DOMILI / 841411023
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
dr. VIVIEN NOVARINA A KASIM, M.KES / 0019058301
Pembimbing 2 / NIDN
ANDI MURSYIDAH, S.Kep.,NS., M.Kes / 9900981058
Abstrak
ABSTRAK
MEYKE R. DOMILI. 2015. Hubungan Sarapan dengan Konsentrasi Belajar Siswa Di SD Negeri 76 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, dr Vivien Novarina A. Kasim, M.Kes dan Pembimbing II, Andi Mursyidah S.Kep, Ns, M.Kes.
Sarapan adalah waktu makan yang sangat penting karena asupan makanan di pagi hari sangat dibutuhkan oleh tubuh dengan sarapan yang rutin dan nutrisi yang tepat akan dapat berkonsentrasi belajar dengan baik. Konsentrasi belajar adalah proses terfokusnya perhatian seseorang dalam suatu objek, dalam hal ini peristiwa proses belajar mengajar dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sarapan dengan konsentrasi belajar siswa di SDN 76 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Desain penelitian yang digunakan adalah Survey Analitik dengan menggunakan pendekatan studi Cross Sectional. Populasi adalah siswa kelas II-V SDN 76 Kota Tengah Kota Gorontalo berjumlah 143. Teknik pengambilan sampel stratified random sampling, sampel penelitian berjumlah 106. Analisa data menggunakan Chi Square. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa dengan sarapan baik 58,5% dan sarapan kurang 41,5% dengan siswa konsentrasi belajar baik 50,9% dan konsentrasi belajar kurang 49,1%. Terdapat hubungan sarapan dengan konsentrasi belajar siswa di SDN 76 Kota Tengah Kota Gorontalo dengan nilai Pvalue=0,000. Hasil penelitian ini diharapkan agar orang tua dapat memberikan sarapan setiap hari sebelum berangkat sekolah dengan gizi yang seimbang sehingga anak dapat berkonsentrasi dengan baik saat belajar.
Kata Kunci : Sarapan, Konsentrasi Belajar, Siswa
Daftar Pustaka : 42 (2000-2015)
Download berkas