SKRIPSI

Penulis / NIM
VICKA WAHYUNI SIKILI / 841411031
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LINTJE BOEKOESOE, M.Kes / 0010015915
Pembimbing 2 / NIDN
/ 00120175
Abstrak
ABSTRAK Vicka Wahyuni Sikili. 2015. Hubungan Dukungan Sosial Guru dengan Kemampuan Sosialisasi Anak Retardasi Mental di SLB Negeri Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Keperawatan. Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lintje Boekoesoe, M.Kes dan Pembimbing II Rhein R. Djunaid, S.Kep.,Ns.,M.Kes. Anak retardasi mental adalah anak yang secara signifikan memiliki kecerdasan dibawah rata-rata anak pada umumnya dengan disertai hambatan dalam penyesuaian diri dengan lingkungan sekitarnya. Untuk dapat melakukan penyesuaian yang akurat anak retardasi mental membutuhkan dukungan sosial dari guru. Dengan adanya dukungan sosial individu akan mengetahui bahwa orang lain memperhatikan, menghargai dan mencintainya. Rumusan penelitian adalah apakah ada hubungan dukungan sosial guru dengan kemampuan sosialisasi anak retardasi mental di SLB Negeri Kota Gorontalo. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial guru dengan kemampuan sosialisasi anak retardasi mental di SLB Negeri Kota Gorontalo. Desain penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel dalam penelitian adalah 30 orang tua yang memiliki anak retardasi mental ringan tingkat SD yang aktif bersekolah di SLB Negeri Kota Gorontalo. Pengambilan sampel dengan cara Total Sampling. Hasil penelitian menggunakan uji Chi Square. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial guru dengan kemampuan sosialisasi anak retardasi mental dengan nilai =0,004 ( < 0,05). Disarankan untuk guru dapat meningkatkan dukungan sosial pada anak retardasi mental dan untuk SLB dapat meningkatkan fasilitas pelayanan yang diberikan pada anak didiknya sehingga memungkinkan anak mampu bersosialisasi lebih baik lagi. Kata Kunci : Dukungan Guru, Sosialisasi Anak, Retardasi Mental. Daftar Pustaka : 33 (2005- 2014)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011