Penulis / NIM
JUWITA IBRAHIM / 841411047
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
RINI FAHRIANI ZEES, S.Kep, Ns., M.Kes / 00011181
Pembimbing 2 / NIDN
dr. ST. RAHMA, M.Kes / 0028038204
Abstrak
Juwita Ibrahim. 2015. Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah di SDN 105 Kota Utara Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan SI Keperawatan, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Rini Fahriani Zees, S.Kep, Ns, M.Kep dan Pembimbing II dr. Sitti Rahma, M.Kes.
Prestasi belajar adalah tingkat keberhasilan anak mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam sebuah program. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah faktor fisiologis, psikologis, lingkungan sosial, lingkungan nonsosial dan pendekatan belajar.
Rumusan masalah adalah faktor apakah yang mempengaruhi prestasi belajar anak usia sekolah di SDN 105 Kota Utara Kota Gorontalo. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi prestasi belajar anak di SDN 105 Kota Utara Kota Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan pendekatan cross sectional, dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh, dengan jumlah sampel sebanyak 51 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik chi-square.
Hasil analisis statistik dengan uji chi-square menunjukkan terdapat pengaruh faktor fisiologis (=0,003), psikologis (=0,000), lingkungan sosial (=0,003), lingkungan nonsosial (=0,001) dan pendekatan belajar (=0,007) terhadap prestasi belajar anak usia sekolah di SDN 105 Kota Utara Kota Gorontalo.
Simpulan pada penelitian ini bahwa faktor fisiologis, psikologis, lingkungan sosial, lingkungan nonsosial dan pendekatan belajar mempengaruhi prestasi belajar. Diharapkan semua elemen masyarakat terutama guru, orang tua dan anak untuk dapat memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar anak usia sekolah.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Anak Usia Sekolah
Daftar Pustaka : 33 (2002-2014)
Download berkas