Penulis / NIM
NURHAYATI LASOMBA / 841411068
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
dr. EDWINA RUGAIAH MONAYO, M.Biomed / 0006098202
Pembimbing 2 / NIDN
/ 00120175
Abstrak
ABSTRAK
Nurhayati Lasomba, 2015 Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Perkembangan Motorik Pada Anak Autis di Pusat Layanan Autis Provinsi Gorontalo. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dr. Edwina R. Monayo, M.Biomed dan Pembimbing II Rhein Djunaid S.Kep, Ns, M.Kes.
Perkembangan motorik adalah perkembangan dari unsur kematangan pengendalian gerak tubuh dan otak sebagai pusat gerak. Untuk dapat berkembang dengan baik anak autis membutuhkan dukungan dari keluarga khususnya orangtua. Dengan adanya dukungan keluarga dapat membantu proses perkembangan anak baik perkembangan kognitifnya maupun perkembangan motoriknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan perkembangan motorik pada anak autis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan perkembangan motorik pada anak autis di Pusat Layanan Autis Provinsi Gorontalo.
Desain penelitian yang digunakan adalah analisis observasi dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi pada penelitian ini adalah orangtua dan anak penyandang autis yang berjumlah 57 orang. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 30 responden dengan menggunakan tekhnik purposive sampling. Untuk analisa univariat dan bivariat menggunakan uji Chi-square dengan derajat kemaknaan =0,05.
Hasil penelitian menunjukan ada hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan perkembangan motorik pada anak autis dengan nilai =0,000 (< 0,05). Diharapkan kepada keluarga (orangtua) untuk dapat memberikan dukungan yang baik meliputi dukungan emosional, penghargaan, intrumental dan informatif demi kesembuhan anak autis.
Kata Kunci : Dukungan Keluarga, Perkembangan Motorik, Anak Autis
Daftar Pustaka : 46 (2002-2014)
ABSTRACT
Nurhayati Lasomba. 2015. The Relation between Family Support and Motoric Development of Children with Autism at Autism Service Center of Gorontalo Province. Skripsi, Departement of Nursing, Faculty of Health Sciencies and Sports, State University of Gorontalo. The principal supervisor was dr. Edwina Rugaiah Monayo M.Biomed and the co-supervisor was Rhein Djunaid.,S.Kep.,Ns.,M.Kes.
Motoric Development is the development from maturity of body movement and brain as center of movement unsure. This movement is clearly divided into hard and soft movement. To have good development, this children with autism need support from family particularly from parents. The support from family can help both cognitive and motoric development of children with autism. The problem statement of this research was whether there is relation between family support with motoric development of children with autism.
This research applied observation analysis with cross sectional design. The population of this research were parents and children with autism amounted to 57 people. The samples were 30 respondents gained through purposive sampling technique. Univariate and bivariate analysis was using Chi-square test with significance level =0,05.
The research result showed that there was significance relation between family support with motoric development of children with autism by having values as 0,000 (< 0,05). It is suggested that parents should give support such as emotional support, reward, instrumental and informative for the development of children with autism.
Keywords : Familly Support, Motoric Development, Children with Autism.
References : 46 (2002-2014)
Download berkas