Penulis / NIM
RENITA MOHA / 841411081
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
dr. EDWINA RUGAIAH MONAYO, M.Biomed / 0006098202
Pembimbing 2 / NIDN
RHEIN RIANSYAH DJUNAID, S.Kep, Ns., M.Kes / 0012017507
Abstrak
ABSTRAK
Renita Moha. 2016. Hubungan Komunikasi Verbal dan Non Verbal Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Toto Kabila. Skripsi, Jurusan Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dr. Edwina R. Monayo, M.Biomed, Pembimbing II Rhein R Djunaid, S.Kep, Ns, M.Kes.
Perawat yang memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik akan memberikan rasa kepuasan dalam pelayanan keperawatan di Rumah Sakit. Penelitian bertujuan untuk menganalisis hubungan komunikasi verbal dan non verbal perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Toto Kabila Kabupaten Bone Bolango.
Jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dan sampel. Populasi penelitian 137 orang pasien. Sampel penelitian adalah 102 orang pasien yang di rawat di ruang interna, dan bedah dengan teknik purposive sampling. Data dikumpul menggunakan kuisioner dan dianalisis dengan uji Chi Square Test.
Hasil penelitian menunjukkan 90,2% komunikasi verbal perawat baik dan 92,2% komunikasi non verbal perawat baik 86,3% pasien puas dengan pelayanan yang diberikan. Terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi verbal ( Value = 0,000 < 0,05) dan non verbal ( Value = 0,000 < 0,05) dengan tingkat kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Toto Kabila Kabupaten Bone Bolango.
Disarankan kepada Rumah Sakit Toto Kabila dalam meningkatkan kualitas pelayanan perlu menerapkan teknik komunikasi verbal dan non verbal yang efektif bagi perawat serta melakukan pendidikan pelatihan kepada perawat tentang bagaimana teknik komunikasi yang baik dalam pelayanan.
Kata kunci : komunikasi verbal, komunikasi non verbal, kepuasan pasien
Daftar Pustaka : 22 (1993-2015)
Download berkas