Penulis / NIM
SITI RUKAIYA DUNGGIO / 841411122
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr HERLINA JUSUF, Dra., M.Kes / 0001106308
Pembimbing 2 / NIDN
/ 013
Abstrak
ABSTRAK
Siti Rukaiya Dunggio, 2015. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan Di Ruangan Interna Yang Menerapkan MPKP (G3 Bawah) dan Non MPKP (Neuro) RSUD Prof. Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan S1 Keperawatan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dr. Hj. Herlina Jusuf Dra. M.Kes, Pembimbing II Ibu Wirda Y. Dulahu S.Kep,Ns, M.Kep.
Pasien dengan pelayanan merupakan aset yang sangat berharga karena apabila pasien puas mereka akan terus melakukan pemakaian terhadap jasa pilihannya, tetapi jika pasien merasa tidak puas mereka akan memberitahukan dua kali lebih hebat kepada orang lain tentang pengalaman buruknya. Untuk menciptakan kepuasan pasien suatu rumah sakit harus menciptakan dan mengelola suatu sistem salah satunya metode Model Praktik Keperawatan profesional (MPKP). Tujuan penelitian untuk menganalisis tingkat perbandingan kepuasan pasien rawat inap di ruang MPKP dengan ruangan Non MPKP RSUD Prof. Dr.H. Aloei Saboe Kota Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan jenis penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive sampling, menggunakan instrumen berupa kuesioner, dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. 25 responden diruang MPKP dan 25 responden diruang Non MPKP. Hasil yang didapatkan diruang MPKP yang merasa sangat puas yaitu 100% dengan (r=4,00) dan dan Non MPKP yang puas 88% dan sangat puas 12% dengan nilai (r=3,12).
Disarankan RSUD Prof. Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo agar semua ruangan yang ada dirumah sakit dapat menerapkan Model Praktik Keperawatan Profesional untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan yang ada dirumah sakit.
Kata kunci : MPKP, Kepuasan, Pasien
Daftar Pustaka : Jumlah 25 (Tahun 2001-2014)
Download berkas