Penulis / NIM
NURFITRI WULANDARI MAKSUD / 841411123
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
dr. ZUHRIANA K YUSUF, M.Kes / 0006017405
Pembimbing 2 / NIDN
ABD.WAHAB PAKAYA,S.KEP,NS / 03
Abstrak
ABSTRAK
Nurfitri Wulandari Maksud. 2015. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Prestasi Belajar Anak Tunadaksa di Sekolah Luar Biasa Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan s1 Keperawatan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dr. Zuhriana K Yusuf, M.kes dan Pembimbing II Ns. Abd Wahab Pakaya, S.kep, MM.
Prestasi belajar anak yang baik ditentukan dari dua faktor yaitu faktor dari dalam diri dan dari luar diri siswa, faktor dari dalam diri siswa di pengaruhi oleh kecerdasan, minat, bakat, dan motivasi belajar. Dan faktor yang dapat mempengaruhi dari luar yaitu dukungan keluarga, dukungan sosial, dan interaksi di dalam lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu hubungan dukungan keluarga dengan prestasi belajar anak tunadaksa di sekolah luar biasa Kota Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah observasi analitik dengan rancangan Cross Sectional. Dengan jumlah populasi 22 orang dan menggunakan teknik pengumpulan sampel total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan observasi menggunakan uji statistik fisher exact test (p=0.000). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dukungan keluarga pada anak Tunadaksa, mengidentifikasi prestasi belajar pada anak Tunadaksa, dan menganalisis Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Prestasi Belajar Pada Anak Tunadaksa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Prestasi Belajar Pada Anak Tunadaksa dengan nilai p=0,000 dengan taraf nilai â 0,05.
Dapat disimpulkan dari hasil penelitian ini menunjukkan dukungan keluarga yang kurang sebesar 59,1% dan prestasi belajar yang kurang sebesar 59,1%. Diharapkan bagi keluarga yang memiliki anak tunadaksa dapat memberikan dukungan penuh untuk dapat meningkatkan prestasi belajar pada anak Tunadaksa untuk dapat berprestasi lebih baik.
Kata Kunci : Dukungan Keluarga, Prestasi Belajar, Anak Tunadaksa
Daftar Pustaka : 32 (2000-2015)
Download berkas