Penulis / NIM
RAHMAN / 841411125
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
dr. ST. RAHMA, M.Kes / 0028038204
Pembimbing 2 / NIDN
RINI FAHRIANI ZEES, S.Kep, Ns., M.Kes / 00011181
Abstrak
ABSTRAK
Rahman, 841411125, 2017. Hubungan Timbang Terima Oleh Perawat Dengan Kepuasan Klien Di Ruang G2 RSUD Prof. Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Siti Rahma. M.kes, dan Pembimbing II Rini F Zees, S.kep M.kep.
Timbang terima memiliki dampak positif diantara untuk perawat dapat meningkatkan kemampuan komunikasi antar perawat, menjalin suatu hubungan kerjasama dan bertanggungjawab antar perawat, perawat dapat mengikuti perkembangan klien secara paripurna (komprehensif), terhindar dari kekeliruan pemberian tindakan keperawatan. Adapun manfaat bagi klien yaitu klien dapat menyampaikan masalah secara langsung bila ada yang belum terungkap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Timbang Terima Oleh Perawat Dengan Kepuasan KlienDi Ruang G2 RSUD Prof. Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo.
Jenis penelitian survey analitik melalui pendekatan cross sectional study. Sampel adalah klien yang dirawat di Ruang G2 RSUD Prof. Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo yang berjumlah 40 orang yang ditentukan dengan teknik total sampling. Data dikumpul menggunakan kuisioner dan dianalisis dangan uji Uji T Berpasangan
Hasil Penelitian Di dapat bahwa proses timbang terima yang dilakukan oleh perawat di ruang G2 RSUD Prof Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo adalah Baik 34 (85%) dan Kurang Baik 6 (15%), Di dapat bahwa Tingkat Kepuasaan Klien di Ruang G2 G2 RSUD Prof Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo adalah Puas 35 (87,5%) dan Kurang Puas 5 (12,5%), dan Hasil uji statistik hubungan diperoleh hasil ada hubungan yang signifikan atau bermakna antara timbang terima oleh perawat dengan kepuasan klien Di ruang G2 RSUD Prof. Dr. H. Aloei Saboe yaitu dengan nilai p value = 0,003 < = 0,05.
Diharapkan instansi rumah sakit dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai alternatif maupun dasar pertimbangan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan sosialisasi terhadap perawat tentang pentingnya pelaksanaan timbang terima terhadap kepuasaan klien.
Download berkas