Penulis / NIM
ELMI SULISTIYANA HARUN / 841412040
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
RHEIN RIANSYAH DJUNAID, S.Kep, Ns., M.Kes / 0012017507
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ASWAD, S.Kep, Ns., Mph / 21
Abstrak
ABSTRAK
Elmi Sulistiyana Harun, 2016. Pengaruh Pemberian Cerita Secara Verbal Dengan Audiovisual Terhadap Recall Memory Pada Anak Sekolah Di SDN 13 Kabila Kabupaten Bonebolango. Skripsi, Program Studi Jurusan Keperawatan, Fakultas Olah Raga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Rhein R. Djunaid, S.Kep, Ns, M.Kep dan Pembimbing II H. Ahmad Aswad, S.Kep, Ns, M.PH.
Memori adalah bagian terpenting dari semua proses kognitif pada anak, karena informasi dapat disimpan hingga sewaktu waktu digunakan. Recall Memory sangat penting bagi anak, khususnya pada usia 7-11 tahun mencapai intensitas paling besar, daya menghafal dan daya memorisasi paling kuat, anak mampu memuat jumlah materi ingatan. Dalam penelitian ini peneliti melakukan pengukuran memori dengan dua cara yaitu secara verbal dan audiovisual. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian cerita secara verbal dengan audiovisual terhadap recall memory pada anak sekolah di SDN 13 Kabila.
Penelitian ini merupakan Pre-Experimental Designs dengan model Posttest Only Design. Subyek penelitian ada 20 anak yang terbagi menjadi 2 kelompok, kelompok pemberian cerita secara verbal dan audiovisual, dengan menggunakan tehnik purposive sampling, teknik analisa data menggunakan uji independent t-test.
Hasil uji independent t-test didapatkan nilai p value 0,011 (p value < 0,05). sehingga H0 ditolak yang berarti ada pengaruh antara pemberian cerita secara verbal dengan audiovisual terhadap recall memory pada anak sekolah di SDN 13 Kabila Kabupaten Bonebolango.
Diharapkan bagi institusi pendidikan agar lebih memperhatikan dalam memberikan metode pembelajaran sehingga dapat menunjang daya ingat pada anak.
Kata Kunci : Memori, Verbal, Audiovisual, Recall memory
Daftar pustaka : (23 referensi) 2006 - 2015
Download berkas