Penulis / NIM
IRMA RAHMAWATI / 841412082
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
dr. EDWINA RUGAIAH MONAYO, M.Biomed / 0006098202
Pembimbing 2 / NIDN
DR ROSMIN ILHAM, S.Kep,Ns,MM / 0007
Abstrak
ABSTRAK
Irma Rahmawati, 2016. Perbandingan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS dan Non BPJS di RSUD Prof. Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Keperawatan, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dr. Edwina Rugaiah Monayo M.Biomed dan Pembimbing II Dr. Hj. Rosmin Ilham, S.Kep, Ns., MM.
Kepuasan adalah suatu tingkat perasaan dari pasien setelah membandingkan pelayanan yang diterima dengan harapanya. BPJS kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kepuasan pasien pengguna BPJS dan Non BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode observasional dengan pendekatan crosssectional. Diambil 20 pasien BPJS dan 20 pasien Non BPJS dengan teknik purposive sampling. Uji statistik yang digunakan adalah uji t - tidak berpasangan.
Pasien yang menggunakan BPJS ada 9 responden BPJS merasa tidak puas dengan persentasi (22,5%). Dan yang merasa puas 11 responden BPJS dengan persentasi (27,5%). Dan pasien Non BPJS ada 3 responden BPJS merasa tidak puas dengan persentasi (7.5%). Dan yang merasa puas 17 responden BPJS dengan persentasi (42,5%).Nilai p (sig) sebesar 0,041 telah memenuhi kriteria normal yaitu p < 0,05, sehingga dalam penelitian ini didapatkan perbedaan yang signifikan.Berdasarkan hasil penelitian, bisa disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara tingkat kepuasan pasien BPJS dengan pasien umum di Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo. dengan hasil tingkat kepuasan pasien Non BPJS lebihbaik dibandingkan dengan pasien BPJS.
Disarankan untuk lebih meningkatkan pelayanan di RSUD Prof. Dr. H. Aloei Saboe, sehingga pasien yang datang berobat lebih puas.
Kata kunci : Kepuasan pasien, perbandingan kepuasan, pasien BPJS, pasien
Non BPJS
Daftar Pustaka : 37 ( 1975 - 2016 )
Download berkas