Penulis / NIM
NURSEZYA WINDRIA DAUD / 841413022
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
dr. EDWINA RUGAIAH MONAYO, M.Biomed / 0006098202
Pembimbing 2 / NIDN
dr. ELVIE FEBRIANI DUNGGA, M.Kes / 0017027904
Abstrak
Abstrak
Nursezya Windria Daud. 2017. Pengaruh Storytelling Terhadap Motivasi Personal Hygiene Anak Di TK Al-Khairat Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dr. Edwina R. Monayo, M. Biomed dan Pembimbing II dr. Elvie F. Dungga, M.Kes.
Storytelling dengan media cerita bergambar berbasis Colour Full Card. menjadi salah satu solusi efektif dalam menyampaikan health education pada anak agar dapat diterima, dipahami dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh storytelling terhadap motivasi personal hygiene anak di TK Al-Khairat kota Gorontalo.
Penelitian ini merupakan pre eksperiment dengan rancangan one group group pre-post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas B di TK Al-Khairat kota Gorontalo. Sampel dalam penelitian ini orang tua dan siswa kelas B di TK Al-Khairat Kota Gorontalo yang berjumlah 30 Orang dengan tekhnik pengambilan sampel Purposive Sampling. Data dianalisis menggunakan Uji Paired Sample Test dengan tingkat signifikan p < 0,05.
Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum diberikan storytelling sebanyak 24 orang atau sebesar 80,0 % siswa memiliki motivasi sedang mengenai personal hygiene. Sesudah diberikan storytelling sebanyak 25 orang atau sebesar 83,3 % yang memiliki motivasi tinggi mengenai personal hygiene. Ada pengaruh storytelling terhadap motivasi personal hygiene anak di TK Al-Khairat kota Gorontalo (P value : 0,001 ( = 0,05).
Kata kunci : Storytelling, Health Education, Persnoal Hygiene Anak
Download berkas