Penulis / NIM
FEMY MOLUOYO / 841413025
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
RINI FAHRIANI ZEES, S.Kep, Ns., M.Kes / 00011181
Pembimbing 2 / NIDN
dr SRI ANDRIANI IBRAHIM, M.Kes / 0007037104
Abstrak
ABSTRAK
Femy Moluoyo. Nim; CO 841413025. Pengaruh Pretend play terhadap kemampuan sosial anak pra sekolah di Tk Al-Hikmah Kecamatan Bilato Kabupaten Gorontalo. Pembimbing I Ns. Rini Fahriani Zees, S.Kep, M.Kep, Pembimbing II dr. Sri A. Ibrahim, M.Kes.
Pretend play adalah bentuk permainan yang didalamnya mengandung unsur berpura-pura. Dalam pretend play selain terdapat sejumlah aturan, digunakan sejumlah peralatan tertentu yang menunjang permainan.Bermain merupakan cara alamiah anak untuk menemukan lingkungan, orang lain, dan dirinya sendri. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pretend play terhadap kemampuan sosial anak pra sekolahdi Tk Al-Hikmah Kecamatan Bilato Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pra Eksperimen dengan desain penelitian one group pretest dan posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 15 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistic Wilcoxon Rank Test.
Hasil penelitian didapatkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pretend play terhadap kemampuan sosial anak pra sekolah di Tk Al-Hikmah Kecamatan Bilato Kabupaten Gorontalo (nilai p value 0,002).Disarankan kepada Guru TK Alhikmah agar selalu mengkaji kemampuan sosial anak dan dapat mempertimbangkan metode pretended play sebagai salah satu metode bermain anak dalam meningkatkan kemampuan social anak pra sekolah.
Kata Kunci : Pretend Play, Kemampuan sosial anak
Daftar pustaka : 22 referensi (2004-2016)
Download berkas