Penulis / NIM
NURHAYATI LASULIKA / 841413037
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RAMA HIOLA, Dra.,M.Kes / 0024035403
Pembimbing 2 / NIDN
WIRDA Y DULAHU, S.Kep, Ns., M.Kep / 0923038701
Abstrak
ABSTRAK
Nurhayati Lasulika, 2017. Identifikasi Kemampuan Bahasa Anak Usia Toddler di Provinsi Gorontalo. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I DR. Hj. Rama P. Hiola, Dra., M.kes, dan Pembimbing II Ns. Wirda Y. Dulahu, S.Kep., M.Kep
Perkembangan bahasa adalah kemampuan anak dalam memberikan respon terhadap suara, mengikuti perintah dan berbicara spontan. Orangtua anak yang tinggal di perkotaan mayoritas bekerja dibandingkan orangtua anak yang di pedesaan sehingga waktu yang diperlukan untuk stimulasi kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan bahasa anak usia toddler di Provinsi Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian survey deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 70 responden. Tehnik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa anak usia toddler di desa Bubeya Kab Bone Bolango mengalami perkembangan bahasa yang sesuai (80.0%), meragukan (17.1%) dan menyimpang (2.9%). Kemampuan bahasa anak usia toddler yang berada di kelurahan Pulubala mengalami perkembangan yang sesuai (57.1%), meragukan (37.1%) dan menyimpang (5.7%)
Penelitian ini diharapkan agar orang tua dapat melaksanakan peran dalam mendampingi perkembagan anak. Meluangkan waktu untuk memberikan stimulasi pada anak seperti mengajak bermain, membacakan cerita atau sering mengajak interaksi sehingga dapat membantu dalam proses perkembangan anak khususnya perkembangan bahasa.
Kata Kunci : Kemampuan bahasa, usia toddler
Daftar Pustaka : 29 (2004-2016)
Download berkas