SKRIPSI

Penulis / NIM
APRILIA P. BONENEHU / 841413054
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
dr. ZUHRIANA K YUSUF, M.Kes / 0006017405
Pembimbing 2 / NIDN
WIRDA Y DULAHU, S.Kep, Ns., M.Kep / 0923038701
Abstrak
Abstrak Aprilia P. Bonenehu. 2019. Gambaran Penerapan Problem Based (PBL) Pada Mahasiswa Keperawatan Di Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi, Jurusan Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dr. Zuhriana K.Yusuf, M.Kes, Pembimbing II Wirda Y. Dulahu, S.Kep, Ns, M.Kep Melalui wawancara langsung kepada 4 dari 10 mahasiswa mereka mengatakan tertarik dengan pendekatan PBL yang dirasakan cukup membantu dalam proses pembelajaran, akan tetapi 6 dari 10 mahasiswa mengatakan kurang tertarik dengan metode PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan problem based learning (PBL) pada mahasiswa keperawatan di Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survey deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi keperawatan universitas negeri Gorontalo dengan total populasi 358 dan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini mahasiswa program studi keperawatan semester IV dan VI yang berjumlah 62 sampel yang akan ditentukan dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis univariate distribusi frekuensi. Hasil penelitian didapatkan bahwa gambaran penerapan problem based learning (PBL) di Program studi Keperawatan Universitas Negeri Gorontalo sebagian besar berada pada kategori baik hal ini sebagaimana diperoleh data dari 62 responden, yang mengatakan penerapan problem based learning (PBL) baik sebanyak 55 responden (88,7%) dan yang mengatakan penerapan problem based learning cukup sebanyak 7 responden (11,3%). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti maka peneliti berkesimpulan bahwa gambaran penerapan problem based learning (PBL) di Program studi Keperawatan Universitas Negeri Gorontalo sebagian besar berada pada kategori baik. Dan diharapkan hal ini dapat terus dilaksanakan guna meningkatkan prestasi mahasiswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Penerapan Problem Based Learning (PBL) Daftar Pustaka : 27 (2008-2017)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011