SKRIPSI

Penulis / NIM
ADE RAHMATIA A. PAHRUN / 841413095
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTO KADIR, M.Kes / 0018096605
Pembimbing 2 / NIDN
dr. ST. RAHMA, M.Kes / 0028038204
Abstrak
Ade R A Pahrun, 2017. Pengaruh Penerapan Full Day School Terhadap Tingkat Stress Fisik Siswa SDN No. 92 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sunarto Kadir, Drs., M.Kes dan Pembimbing II dr. Siti Rahma, M.Kes. Full day school adalah proses belajar mengajar yang dilakukan mulai pukul 06.45-15.00. Stress adalah segala situasi dimana tuntutan non-spesifik mengharuskan seorang individu untuk merespons atau melakukan tindakan. Rumusan masalah penelitian ini apakah ada pengaruh penerapan full day school terhadap tingkat stress fisik pada siswa SDN No. 92 Sipatana Kota Gorontalo. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan full day school terhadap tingkat stress fisik pada siswa SDN No. 92 Sipatana Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah Survei Analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 3 dan 4 SDN No. 92 Sipatana Kota Gorontalo yang berjumlah 47 orang, sampel penelitian ini sebanyak 46 responden, dengan menggunakan teknik Purpossive Sampling. Penelitian ini menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan penerapan full day school di SDN No. 92 Sipatana Kota Gorontalo, kelas 3 pukul 07.00-14.00 sebanyak 26 (56,5%) responden dan kelas 4 pukul 07.00-15.45 sebanyak 20 (43,5%) responden. Hasil tingkat stress fisik siswa SDN No. 92 Sipatana Kota Gorontalo yaitu dikelas 3 tingkat stress tinggi sebanyak 4 (15,4%) responden, rendah sebanyak 22 (84,6%) responden. Sedangkan kelas 4 tingkat stress fisik siswa tinggi sebanyak 10 (50,0%) responden, rendah sebanyak 10 (50,0%) responden. Dari hasil analisis terdapat pengaruh penerapan full day school terhadap tingkat stress fisik pada siswa SDN No. 92 Sipatana Kota Gorontalo dimana diperoleh nilai P-value adalah 0,011. Disarankan bagi sekolah yang menerapkan konsep full day school dapat meningkatkan kualitas dan inovasi untuk tercapainya pendidikan menyenangkan, efektif dan efisien. Kata Kunci : Full Day School, Stress Fisik, Siswa SD
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011