Penulis / NIM
MOH. SUGANDRI R. HUMAGI / 841413123
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
dr. ZUHRIANA K YUSUF, M.Kes / 0006017405
Pembimbing 2 / NIDN
NURDIANA DJAMALUDDIN, S.Kep., Ns., M.Kep / 00240189
Abstrak
ABSTRAK
Moh Sugandri R Humagi. 2017. Gambaran Faktor- Faktor Motivasi Mahasiswa S1 Keperawatan Dalam Melanjutkan Pendidikan Profesi Ners di Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi, Jurusan Ilmu Keperawatan, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan ,Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dr Zuhriana K. Yusuf M.Kes dan Pembimbing II Ns. Nurdiana Djamaludin, S.Kep,M.Kep.
Pendidikan keperawatan merupakan langkah awal di dalam meningkatkan kemampuan profesionalisme perawat serta memberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi. Perawat prefesional harus melewati dua tahap pendidikan yaitu tahap pendidikan akademik dan tahapan pendidikan profesi. Motivasi yang dimiliki seorang mahasiswa akan memberikan dorongan tersendiri untuk melanjutkan pendidikan keperawatan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.yang tujuannya untuk mengetahui motivasi mahasiswa dalam melanjutkan pendidikan profesi ners
Penelitian ini merupakan Non-Eksperimen dengan rancangan deskriktif dengan populasi seluruh mahasiswa s1 keperawatan semester VII tahun ajaran 2016/2017 dengan. Jumlah sampel 115 dengan tehnik pengambilan sampel total sampling
Hasil penelitian menunjukan faktor cita-cita (100%), kemampuan individu (73,9%), kondisi individu (81,1%), harapan (97,4%), kondisi ekonomi sosial (70,4% dan dukungan keluarga (100%).
Dapat disimpulkan bahwa faktor cita-cita, kemampuan individu, kondisi individu, harapan, kondisi ekonomi sosial dan dukungan keluarga dapat motivasi serta mendorong mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang profesi ners. disarankan seluruh mahasiswa program studi ilmu keperawatan Universitas Negeri Gorontalo dapat melanjutkan pendidikan ke tahap profesi.
Kata Kunci : Motivasi,S1 Keperawatan,Pendidikan Profesi Ners.
Daftar Pustaka : 37 (1990 -2014)
Download berkas