Penulis / NIM
JAFRI SUPRIYANTO BIGA / 841413152
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
SUWARLY MOBILIU, S.Kp., M.Kep / 00310561
Pembimbing 2 / NIDN
dr. NANANG ROSWITA PARAMATA, M.Kes / 0028107706
Abstrak
ABSTRAK
Jafri Supriyanto Biga, 2015. Studi Perbandingan Persepsi Pasien Umum dan Pasien Pengguna JKN Terhadap Pelayanan Keperawatan di Ruang Kelas III RS. Bunda Gorontalo. Skripsi. Jurusan Keperawatan. Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Suwarly Mobiliu, S.Kp., M.Kep dan Pembimbing II dr. Nanang Roswita Paramata, M.Kes.
Kualitas pelayanan yang diberikan oleh perawat dalam suatu rumah sakit berhubungan erat dengan kepuasan yang dirasakan oleh pasien selaku konsumen rumah sakit. Perawat dituntut untuk memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya kepada pasien sehingga menimbulkan persepsi yang baik dari pasien karena merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perawat rumah sakit tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi serta gambaran umum tentang perbandingan persepsi pasien Umum dan pasien pengguna JKN terhadap pelayanan Keperawatan di ruang Kelas III RS. Bunda Gorontalo. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Populasi adalah seluruh pasien kelas III RS. Bunda Gorontalo, sampel berjumlah 42 orang dengan penjabaran pasien Umum 21 pasien dan pasien pengguna JKN 21 Pasien yang dipilih menggunakan Purposive sampling, instrumen yang digunakan adalah Kuesioner, analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U.
Hasil penelitian ini didapatkan pada pasien umum 85,7% persepsi baik dan 14,3% persepsi buruk, pada pasien pengguna JKN 90,5% persepsi baik dan 9,5% persepsi buruk, setelah di analisa nilai taraf signifikasi 0,638 > nilai = 0,05.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah tidak ada perbedaan persepsi pasien Umum dan Pasien pengguna JKN di ruang perawatan kelas III RS. Bunda Gorontalo.
Kata Kunci: Persepsi Pasien, Pelayanan Keperawatan
Daftar Pustaka: 24 (2003-2014)
Download berkas