Penulis / NIM
EKA PRATIWI PULUHULAWA / 841414001
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
RHEIN RIANSYAH DJUNAID, S.Kep, Ns., M.Kes / 0012017507
Pembimbing 2 / NIDN
dr MUHAMAD NUR SYUKRIANI YUSUF, S.Ked., MMedEd / 0012107608
Abstrak
Eka Pratiwi Puluhulawa, Rhein R. Djunaid, Muh. Nur Syukriani Yusuf
Program Studi Sarjana Keperawatan FOK UNG
Email: ekapuluhulawa@ymail.com
ABSTRAK
Eka Pratiwi Puluhulawa. 2018. Hubungan Bullying dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ns. Rhein R. Djunaid, S.Kep., M.Kes., Pembimbing II dr. Muhamad Nur Syukriani Yusuf, M.Med., Ed.
Bullying yang terjadi di lingkungan sekolah merupakan sebuah hasrat untuk menyakiti yang diperlihatkan dalam aksi, menyebabkan siswa lain menderita, dilakukan secara langsung oleh siswa atau kelompok siswa yang lebuh kuat, biasanya berulang, dan dilakukan dengan perasaan senang di lingkungan sekolah sehingga dapat berdampak pada kehidupan siswa, perilaku sosial, dan prestasi belajar korbannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Bullying dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 6 Kota Gorontalo.
Penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII yang menandatangai informed consent dan hadir pada saat pengisian kuesioner. Sampel berjumlah 183 siswa yang didapatkan melalui simple random sampling. Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji chi square.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat 68 responden mengalami bullying dan 115 responden tidak mengalami bullying. Terdapat 22 responden dengan prestasi belajar kurang dan 161 responden dengan prestasi belajar baik. Terdapat hubungan antara bullying dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 6 Kota Gorontalo dengan nilai probabilitas 0.000 (p
Download berkas