Penulis / NIM
DIESY AYU RACHMAN / 841414038
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
RHEIN RIANSYAH DJUNAID, S.Kep, Ns., M.Kes / 0012017507
Pembimbing 2 / NIDN
Ns YUNIAR MANSYE SOELI, S.Kep,M.Kep,Sp.Kep.J / 0021068501
Abstrak
ABSTRAK
Diesy Ayu Rachman, 2018. Hubungan Faktor Lingkungan Dengan Perilaku Kekerasan Pada Siswa SMK Negeri 3 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ns. Rhein Djunaid, M.Kes, Pembimbing II Ns. Yuniar M. Soeli, M.Kep, Sp.Kep.J.
Perilaku kekerasan diartikan sebagai perilaku yang bertujuan untuk menyakiti atau mengakibatkan seseorang dalam keadaan tidak nyaman yang dilakukan oleh individu atau kelompok dan biasanya terjadi secara berulang-ulang. Saat ini perilaku kekerasan marak terjadi pada siswa, UNICEF mencatat di seluruh dunia mendekati 130 juta siswa mempunyai pengalaman kekerasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui hubungan faktor lingkungan dengan perilaku kekerasan pada siswa SMK Negeri 3 Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode observasional analitic melalui pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa baru di SMKN 3 Gorontalo. Sampel berjumlah 253 orang dengan teknik pengambilan accidental sampling. Data dikumpul menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan uji Chi-Square, didapatkan hasil P-Value = 0,000 ( < 0,05) yang berarti terdapat hubungan faktor lingkungan degan perilaku kekerasan pada siswa SMKN 3 Gorontalo. Didapatkan hasil tertinggi bahwa semakin baik lingkungan seorang siswa maka semakin sedikit kemungkinan siswa tersebut melakukan perilaku kekerasan. Untuk mengurangi angka kejadian perilaku kekerasan pada siswa sebaiknya sekolah melakukan pembinaan karakter siswa agar tidak melakukan tindak kekerasan.
Kata Kunci : Perilaku Kekerasan, Lingkungan
Daftar Pustaka : 20 (2008-2017)
Download berkas