Penulis / NIM
REZA SOFIAWATI PATIRO / 841414048
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
DR ROSMIN ILHAM, S.Kep,Ns,MM / 0007
Pembimbing 2 / NIDN
Ns YUNIAR MANSYE SOELI, S.Kep,M.Kep,Sp.Kep.J / 0021068501
Abstrak
ABSTRAK
Reza Sofiawati Patiro, 2018. Hubungan Peran Perawat Sebagai Edukator Dengan Tingkat Kepatuhan Berobat Pasien Gangguan Jiwa Di Wilayah Kerja Puskesmas Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I DR. HJ. Rosmin Ilham, S.Kep., Ns., MM, Pembimbing II Ns. Yuniar M. Soeli, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.J
Gangguan jiwa adalah sindrom atau pola perilaku yang secara klinis bermakna berkaitan langsung dengan penderitaan dan menimbulkan disabilitas pada satu atau lebih fungsi kehidupan manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Peran Perawat Sebagai Edukator Dengan Tingkat Kepatuhan Berobat Pasien Gangguan Jiwa di Wilayah Kerja Puskesmas Limboto Kabupaten Gorontalo.
Desain penelitian ini menggunakan desain Survey Analitik dengan metode pendekatan cross sectional. Populasi penelitian sebanyak 55 orang dan jumlah sampel penelitian sebanyak 30 orang yang didapatkan dengan teknik Purposive sampling. Analisa data menggunakan uji satistik yaitu uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan peran perawat sebagai edukator dengan tingkat kepatuhan berobat pasien gangguan jiwa. Kesimpulan penelitian terdapat hubungan peran perawat sebagai edukator dengan tingkat kepatuhan berobat pasien gangguan jiwa di wilayah kerja Puskesmas Limboto Kabupaten Gorontalo dengan nilai p value = 0,035 berarti p value < 0,05. Diharapkan dapat menjadi masukan bagi perkembangan keperawatan jiwa bahwa peran seorang perawat sebagai edukator sangat diperlukan dalam meningkatkan kepatuhan berobat pasien gangguan jiwa agar cepat sembuh.
Kata Kunci : Peran Perawat, Kepatuhan Berobat dan Gangguan Jiwa
Daftar Pustaka : 40 Referensi (2002-2018)
Download berkas