SKRIPSI

Penulis / NIM
NOVIYANTI ADAM / 841414106
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr HERLINA JUSUF, Dra., M.Kes / 0001106308
Pembimbing 2 / NIDN
Ns. IKA WULANSARI, M.Kep, Sp.Kep.Mat / 00180987
Abstrak
ABSTRAK Noviyanti Adam. 2018. Perbandingan Metode Glenn Doman dengan Metode Multisensori terhadap Kemampuan Membaca pada Anak Usia Prasekolah di TK Kenari 1 Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Program Studi Sarjana Keperawatan. Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Herlina Jusuf, Dra., M.Kes dan Pembimbing II Ns. Ika Wulansari, M.Kep, Sp.Mat. Kurangnya kemampuan membaca anak usia prasekolah, mengakibatkan kelemahan dalam membaca, lambat berbicara, dan seringkali berbicara tidak teratur. Tujuan penelitian untuk membandingkan metode glenn doman dengan metode multisensori terhadap kemampuan membaca pada anak usia prasekolah di TK Kenari 1 Kec Dungaliyo. Desain penelitian Pre-Eksperimen, jenis rancangan One Group Pretest and Posttest. Subjek penelitian 12 siswa, 6 siswa diberikan metode glenn doman dan 6 siswa diberikan metode multisensori. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan metode glenn doman dengan metode multisensori terhadap kemampuan membaca. Hal ini sesuai dengan mean rank yang diperoleh metode glenn doman ialah 4,42 lebih kecil dari metode multisensori dengan mean reank 8,58 dengan nilai P value 0,026 < (0,05). Disimpulkan bahwa metode glenn doman lebih meningkatkan kemampuan membaca dibandingkan dengan metode multisensori karena saat penelitian siswa lebih tertarik dengan metode menggunakan gambar, mereka lebih cepat memahami huruf yang disertai gambar dibandingkan dengan huruf yang berdiri sendiri. Disarankan, dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia prasekolah, dapat menggunakan metode glenn doman dengan metode multisensori. Karena kedua metode ini sangat bermanfaat, guna untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia prasekolah. Kata Kunci : Glenn Doman, Multisensori, Kemampuan Membaca ABSTRACT Noviyanti Adam. 2018. Comparison of Glenn Doman Method with Multisensory Method on the Reading Skill of Preschool Student in Kindergarten of TK Kenari 1, Dungaliyo Sub-district, Gorontalo District. Departement of Nursing. Faculty of Sports and Health. Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Herlina Jusuf, Dra., M.Kes, Co-supervisor: Ns. Ika Wulansari, M.Kep, Sp.Mat. the lack of reading ability of preschool-aged children, resulting weakness in reading, slow speaking, and often speaking irregularly. this study aimed to compare the Glenn Doman method with Multisensory method of reading skill in preschool children in Kindergarten TK Kenari 1, Dungaliyo Sub-district. This study was a Pre-Experiment research design, type of One Group Pre-test and Post-test design. The research subjects amounted 12 students, 6 students were taught by applying the Glenn Doman method, and 6 students were applied with the Multisensori method. The results showed that there were differences in teh Glenn Doman method with Multisensory methods on students' reading ability. This is in accordance with the average rank obtained by Glenn Doman method 4.42 smaller than the Multisensory method with an average rank 0f 8.58 with a value of 0.026 < (0.05). It was concluded that the Glenn Doman method improved srudents' reading skill compared to the Multisensory method because students were more interested in methods of using images, they were easy to understand letters with images compared to letters. thus, it is recommended that it improving preschool children's reading skill, the Glenn Doman method and the Multisensory method are suitable bacause they are beneficial for improving reading skill. Keywords: Glenn Doman, Multisensory, Reading Ability
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011