Penulis / NIM
VANRA DELA RAHMAN / 841415044
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
dr. NANANG ROSWITA PARAMATA, M.Kes / 0028107706
Pembimbing 2 / NIDN
GUSTI PANDI LIPUTO, S.Kep., Ns, M.Kep. / 00260592
Abstrak
Vanra Dela Rahman. 2019. Pengaruh Pemberian Informasi P3K Terhadap Pengetahuan Penanganan Cedera Pada Siswa PMR Di SMA Negeri 1 Gorontalo. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dr. Nanang Roswita Paramata, M.Kes dan Pembimbing II Ns. Gusti Pandi Liputo, S.Kep, M.Kep.
Cedera seringkali terjadi pada siswa dan mengganggu aktifitas siswa terutama sekolah. Untuk meminimalisir dampak dari kejadian cedera maka perlu adanya peran dari pihak sekolah melaui program sekolah salah satunya dengan memberikan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian informasi P3K terhadap pengetahuan penanganan cedera pada siswa PMR di SMA Negeri 1 Gorontalo.
Jenis penelitian ini Pre-Ekperimen desain one group pre and post test, tehnik pengampilan sampel yaitu total sampling. Subjek penelitian siswa PMR di SMA Negeri 1 Gorontalo dengan populasi 30 responden, dan jumlah sampel 30 responden. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner dan tehnik analisa data yang digunakan adalah uji statistic non-parametrik yaitu Uji Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh pemberian informasi P3K terdahap pengetahuan (p=0,000) penanganan cedera pada siswa PMR di SMA Negeri 1 Gorontalo. Setelah dilakukan pemberian informasi pada post-test responden yang memiliki kategori pengetahuan baik 30 responden (100%).
Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh pemberian informasi P3K terhadap pengetahuan penanganan cedera pada siswa PMR di SMA Negeri 1 Gorontalo. Disarankan bagi siswa PMR lebih giat untuk meningkatkan pengetahuan P3K terhadap penanganan cedera
Kata Kunci : Cedera, P3K, pengetahuan
Download berkas