Penulis / NIM
AGUS / 841415139
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
SUWARLY MOBILIU, S.Kp., M.Kep / 00310561
Pembimbing 2 / NIDN
dr. ELVIE FEBRIANI DUNGGA, M.Kes / 0017027904
Abstrak
ABSTRAK
Agus, 2016 Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Interna Rumah Sakit Tani dan Nelayan Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan Dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Suwarly Mobiliu, S.Kp M.Kep dan Pembimbing II dr. Elvie F. Dungga, M.Kes.
Kualitas pelayanan keperawatan belum maksimal, perawat yang melaksanakan asuhan keperawatan kepada pasien belum sesuai standar dan harapan sehingga kepuasan pasien dan kepercayaan masyarakat berkurang. Dampaknya minat masyarakat untuk mendapatkan pelayanan berkurang dan selalu merasa kurang aman dalam mendapatkan pelayanan karena tidak sesuai standar. Rumusan masalah apakah ada hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan Kepuasan pasien Rumah Sakit Tani Nelayan Kab.Boalemo. Tujuan Penelitian adalah menganalisis hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien RS tani nelayan Kab. Boalemo.
Desain penelitian yang digunakan adalah metode Cross - Sectional dengan populasi seluruh pasien diruang interna RSTN. Besar sampel 47 pasien yang pemilihannya dilakukan dengan cara purposive sampling. Variabel independennya Kualitas Pelayanan Keperawatan. Variabel dependennya adalah kepuasan pasien. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik chi square dengan tingkat kemaknaan p£0,05.Hasil penelitian menunjukkan ada Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan pasien (p=0,000 ). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Kualitas pelayanan keperawatan di ruang interna baik yaitu sebanyak 31 orang (66 %) Kepuasan pasien tidak puas yaitu 32 orang (68,1%), ada hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien dengan hasil uji statistik p=0,000 < 0,05, Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan.
Kata kunci : Kualitas, Pelayanan, Keperawatan, Kepuasan, Pasien
Daftar Pustaka : 32 (2002-2016)
Download berkas