Penulis / NIM
RONNY A. LAMBERTUS / 841415161
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
DR ROSMIN ILHAM, S.Kep,Ns,MM / 0007
Pembimbing 2 / NIDN
dr SRI ANDRIANI IBRAHIM, M.Kes / 0007037104
Abstrak
ABSTRAK
Ronny Alvon Lambertus. 2016. Hubungan Persepsi Tentang Kualitas Pelayanan dengan Minat Kunjungan Ulang Poliklinik Rawat Jalan Puskesmas Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, DR. Hj. Rosmin Ilham S.Kep, Ns, MM dan Pembimbing II, dr. Hj. Sri Andriani Ibrahim, M.Kes
Minat konsumen memanfaatkan kembali pelayanan dari pemberi layanan sangat dipengaruhi oleh persepsi terhadap kualitas pelayanan yang diberikan sebelumnya, jika pelayanan yang didapatkan memenuhi atau melebihi harapan, maka kualitas pelayanan akan dipersepsikan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan persepsi tentang kualitas pelayanan dengan minat kunjungan ulang poliklinik rawat jalan Puskesmas Kota Timur Kota Gorontalo.
Penelitian menggunakan metode deskriptif analitik. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pasien umum yang baru pertama kali berkunjung di poliklinik rawat jalan Puskesmas Kota Timur Kota Gorontalo, jumlah sampel 67 responden menggunakan teknik accidental sampling, instrumen yang digunakan adalah kuesioner,dengan menggunakan uji fisher exact test.
Hasil penelitian menunjukkan 59 responden (88,1%) mempunyai persepsi baik dan 8 responden (11,9%) mempunyai persepsi kurang terhadap kualitas pelayanan, Minat kunjungan ulang 60 responden (89,6%) menyatakan berminat dan 7 responden (10,4%) menyatakan tidak berminat. Setelah di analisis diperoleh nilai signifikansi 0,000 < p_value 0,05.
Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat Hubungan Persepsi Tentang Kualitas Pelayanan dengan Minat Kunjungan Ulang di Poliklinik Rawat Jalan Puskesmas Kota Timur Kota Gorontalo. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Puskesmas Kota Timur.
Kata Kunci : Persepsi,Kualitas Pelayanan,Minat Kunjungan
Daftar Pustaka : 36 Buku (2000-2015)
Download berkas