Penulis / NIM
AGRIL PRATAMA MOHUNE / 841416028
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
dr. NANANG ROSWITA PARAMATA, M.Kes / 0028107706
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI B. POMALANGO, S.Kep.,Ns, M.Kep / 0016079302
Abstrak
ABSTRAK
Agril Pratama Mohune. 2020. Metode Peer Education Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Siswa Dalam Melakukan Pertolongan Pertama Bantuan Hidup Dasar. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dr. Nanang R. Paramata, M.Kes dan Pembimbing II Ns. Zulkifli B. Pomalango, M.kep
Pengetahuan tentang pertolongan pertama henti jantung dalam hal ini Bantuan Hidup Dasar harus diketahui masyarakat awam yang menjadi penolong pertama yang dekat dengan korban, termasuk pada remaja. Pendidikan kesehatan yang dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran pada siswa adalah metode peer education. Peer education merupakan metode pendidikan kesehatan yang menjadikan teman sebaya yang sudah dilatih sebelumnya menjadi pendidik untuk kelompok teman sebayanya. Tujuan dari studi literatur ini untuk menganalisis bukti-bukti literatur tentang metode peer education dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam melakukan pertolongan pertama bantuan hidup dasar.
Pencarian dengan mengguakan database Pubmed. Sciencedirrect, Researchgate, dan google Scholar.
Setelah diskrining, terdapat 30 artikel terbitan tahun 2010-2020. Dari 30 artikel, terdapat 5 artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Seluruh hasil penelitian menunjukkan metode peer education dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam melakukan pertolongan pertama bantuan hidup dasar.
Metode peer education dapat menjadi metode alternatif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam melaku kan pertolongan pertama bantuan hidup dasar.
Kata Kunci : Peer education, pengetahuan, keterampilan, bantuan hidup dasar.
Daftar Pustaka : 43 (2009-2020)
Download berkas