Penulis / NIM
SRINANGSI NTANGO MODJO / 841416053
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
DR.SRI IBRAHIM / 14
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI SURYANINGSI HIOLA, S.Kep, Ns, M.Kep. / 9900981061
Abstrak
ABSTRAK
Srinangsi Nt. Modjo. 2020. Kecerdasan Emosional dengan Komunikasi Terapeutik Perawat. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dr. Sri A. Ibrahim,M.Kes, dan Pembimbing II Ns. Dewi Suryaningsi Hiola, M.Kep.
Di pelayanan kesehatan tenaga kerja yang mempunyai kompetensi dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan adalah perawat sehingga perawat mempunyai banyak tuntutan kerja, untuk itu perawat sangat membutuhkan kecerdasan emosional dalam kinerjanya. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang untuk mengelola perasaan antara lain memotivasi diri sendiri dan orang lain, tegar menghadapi frustasi, sanggup mengatasi kepuasan-kepuasan sesaat, mampu berempati pada orang lain. Kemampuan pengelolaan emosi berdampak pada pengambilan keputusan dengan tepat, tidak merugikan pihak manapun yang sedang terlibat, dan memberi pengaruh besar terhadap komunikasi terapeutik perawat.
Metode Penelitian studi literatur ini menggunakan database Proquest, Science direct, dan Google Schoolar.Hasil penelusuran yang didapatkan 75.609 Artikel baik yang berbahasa inggris maupun bahasa Indonesia. Kemudian setelah di screening berdasarkan kriteria inklusi serta di baca secara seksama didapatkan artikel yang sesuai kriteria penelitian ada 5 artikel.
Berdasarkan hasil analisis artikel/jurnal yang di review terdapat bahwa kecerdasan emosional dengan komunikasi terapeutik memiliki hubungan yang signifikan karena perawat yang mempunyai kecerdasan emosi yang tinggi akan mampu melakukan komunikasi terapeutik dengan baik.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Komunikasi Terapeutik, Perawat
Daftar Pustaka : 37 (2015-2020)
Download berkas