Penulis / NIM
SELA P. YUNUS / 841416092
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
RINI FAHRIANI ZEES, S.Kep, Ns., M.Kes / 00011181
Pembimbing 2 / NIDN
dr. ELVIE FEBRIANI DUNGGA, M.Kes / 0017027904
Abstrak
ABSTRAK
Sela P. Yunus. 2020. Hubungan Perilaku Bullying Terhadap Tingkat Stres Pada Siswa Mts. Terpadu Al-Ishlah Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ns. Rini Fahriani Zees, M.Kep, Pembimbing II Dr. Elvie Febriani Dungga, M.Kes.
Stres merupakan tanggapan sesesorang baik secara mental, perilaku, fisik maupun psikologis terhadap suatu perubahan yang terjadi dilingkungannya, yang dapat mengakibatkan seseorang terganggu dan terancam.Bullyingmerupakan suatu tindakan yang agresi berupa kekerasan fisik maupun mental yang dapat mengakibatkan seseorang merasa cemas dan ketakutan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan perilaku bullying terhadap tingkat stres pada siswa MTs. Terpadu al-ishlah kota gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode Survey Analitik dengan desain cross sectional.Jumlah sampel adalah 78 responden dengan tehnik pengambilan sampel Total Sampling.Analisi menggunakan Uji Chi-Square. Hasil penelitian didapatkan bahawa siswa yang tidak mengalami perilaku bullying dengan tingkat stres ringan 22 responden (28,2%), siswa yang mengalami perilaku bullying dengan tingkat stres sedang 40 responden (51,3%) dan stres berat 16 responden (20,5%).
Terdapat hubungan perilaku bullying terhadap tingkat stres pada siswa MTs. Terpadu al-ishlah kota gorontalo dengan nilai Probability Value (P-Value) adalah 0,000 (
Download berkas