Penulis / NIM
FERNIYANTI BANO / 841416116
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
WIRDA Y DULAHU, S.Kep, Ns., M.Kep / 0923038701
Pembimbing 2 / NIDN
ANSAR KATILI, Magister Kesehatan / 0006015609
Abstrak
ABSTRAK
Ferniyanti Bano, 2020. Gambaran Pengetahuan Guru Tentang Kegawatdaruratan Pada Anak TK Al-Ishlah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ns. Wirda Y. Dulahu, M.Kep, Pembimbing II Dr. H. Ansar Katili, Drs.,M.Kes.
Kegawatdaruratan dapat terjadi di rumah, perjalanan, tempat kerja, sekolah dan tempat lainnya. Kasus kegawatdaruratan yang sering terjadi pada anak di sekolah antara lain pingsan, tersedak, demam, epistaksis, luka robek, dan muntah. Kejadian kegawatdaruratan di sekolah dapat terjadi sewaktu-waktu sehingga perlu adanya kesiapan guru dan karyawan di sekolah dalam penanganan awal kegawatdaruratan sebelum anak dibawa ke fasilitas kesehatan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui gambaran pengetahuan guru tentang kegawatdaruratan pada anak TK Al-Ishlah Kota Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 52 guru. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 52 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu Total Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner. Hasil dalam penelitian TK Al-Ishlah Kota Gorontalo ini didapatkan bahwa berdasarkan tingkat pengetahuan guru tentang kegawatdaruratan pada anak TK Al-Ishlah Kota Gorontalo didapatkan tingkat pengetahuan dengan kategori kurang sebanyak 35 responden (67.3%) dan tingkat pengetahuan kategori baik sebanyak 17 responden (32.7%).
Kata Kunci : Kegawatdaruratan
Daftar Pustaka : 31 (2006-2018)
Download berkas