Penulis / NIM
MUKHAMAD TOBRONI / 841416158
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
dr. ZUHRIANA K YUSUF, M.Kes / 0006017405
Pembimbing 2 / NIDN
ANDI MURSYIDAH, S.Kep.,NS., M.Kes / 9900981058
Abstrak
Mukhamad Tobroni. 2017. Pengaruh Terapi Applied Behavior Analysis (ABA) terhadap Kemampuan Bina Diri Anak Autisme di Provinsi Gorontalo. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan. Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dr. Zuhriana K. Yusuf, M.Kes. dan Pembimbing II Ns. Andi Mursyidah, S.Kep, M.Kes.
Autisme merupakan gangguan perkembangan yang sangat kompleks dan berat pada anak. Jumlah pertumbuhan anak penyandang gangguan spektrum autisme semakin bertambah setiap tahunnya, baik di negara maju maupun di negara berkembang. Masalah anak autis paling sering adalah tingkat kemandirian yang rendah. Tujuan penelitian mengetahui Pengaruh Terapi Applied Behavior Analysis (ABA) Terhadap Kemampuan Bina Diri Anak Autis di Provinsi Gorontalo.
Jenis penelitian kuantitatif dengan desain Preexperimental One-Group Pre-Post Test Design. Total populasi 30 anak autis di Pusat Layanan Autis dan sampel sebanyak 27 responden secara purposive sampling. Analisa data menggunakan uji non-parametrik Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan pada saat pretest 55,6% anak memiliki kemampuan bina diri cukup dan setelah diberikan terapi ABA, hasil posttest menunjukkan 77,8% anak memiliki kemampuan bina diri baik, dengan p value = 0,000 yang lebih kecil dari = 0,05.
Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan terapi Applied Behavior Analysis (ABA) terhadap kemampuan Bina Diri Anak Autis di Pusat Autis Provinsi Gorontalo. Saran agar dikembangkan lebih luas terkait pemberian terapi perilaku dengan metode Applied Behavior Analysis.
Kata Kunci : Autisme, Kemampuan Bina Diri, Applied Behavior Analysis (ABA)
Daftar Pustaka : 26 referensi (2007-2017)
Download berkas