Penulis / NIM
SALIM DALANGGO / 841417021
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
DR ROSMIN ILHAM, S.Kep,Ns,MM / 0007
Pembimbing 2 / NIDN
IBRAHIM SULEMAN, S.Kep, Ns., M.Kep / 0005039111
Abstrak
ABSTRAK
Salim Dalanggo. 2021. Gambran Psikologis Mahasiswa Keperawatan Universitas Negeri Gorontalo Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi COVID-19. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Hj. Rosmin Ilham, S.Kep., Ns., MM dan Pembimbing II Ns. Ibrahim Suleman.,S.Kep., M.Kep.
Proses pembelajaran di masa pandemic COVID-19, Mahasiswa mengalami masalah Psikologis dikarenakan adanya proses pembelajaran daring. Perubahan metode pembelajaran ini menjadi salah satu faktor pencetus gangguan psikologis pada mahasiswa seperti terjadinya Kecemasan, Stres bahkan sampai Depresi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran psikologis mahasiswa keperawatan Universitas Negeri Gorontalo dalam proses pembelajaran selama pandemic COVID-19.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan variabel tunggal yakni Psikologis. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan angkatan 2019 Universitas Negeri Gorontalo yang berjumlah 133 mahasiswa. Dan dengan tehnik pengambilan sampel propotional Stratified random sampling sehingga didapatkan sebanyak 97 sampel.
Hasil Penelitian didapatkan bahwa masalah psikologis yang dialami mahasiswa dalam proses pembelajaran daring yaitu tidak Cemas 32 (33,0 %), ringan 11 (11,3%), sedang 26 (26,8%), parah 17 (17,6%) dan sangat parah 11 (11,3%). Tidak stress 52 (53,6%), ringan 19 (19,6)%, sedang 17 (17,5%), parah 8 (8,2%) dan sangat parah 1 (1,0%). Tidak depresi 74 (76,3%), ringan 17 (17,5%), dan sedang 6 (6,2%).
Saran bagi Universitas Negeri Gorontalo khusunya Prodi Ilmu Keperawatan diharapkan dilakukan Srening terhadap kesehatan mental mahasiswa secara berkala untuk dapat mengidentifikasi mahasiswa yang mengalami masalah psikologis dalam pembelajaran daring.
Kata Kunci : Kecemasan, Stress, Depresi, Pembelajaran Daring, Covid-19
Daftar Pustaka: 55 Referensi (2010-2021)
Download berkas