Penulis / NIM
RAFIDA S. PULIAN / 841417080
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. dr. MUHAMMAD ISMAN JUSUF, SP.S.,S.KED / 0003077804
Pembimbing 2 / NIDN
IBRAHIM SULEMAN, S.Kep, Ns., M.Kep / 0005039111
Abstrak
ABSTRAK
Rafida S. Pulian. 2022. Pengaruh Permainan Flash Card Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Prasekolah Usia 4-5 Tahun Di Raudhatul Athfal Annajmus Shagir Kota Gorontalo Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. dr.Muhamad Isman Yusuf, Sp.S dan Pembimbing II Ns. Ibrahim Suleman, M.Kep.
Anak yang mengalami keterlambatan perkembangan kognitif, dapat menyebabkan anak kurag mampu menerima informasi dengan baik, berpikir dengan baik, dan kurang cakap dalam kemampuan berhitung. Salah satu permainan yang dapat meningkatkan kognitif anak adalah Flash card berupa kartu kecil yang berisi gambar, teks, atau tanda yang menuntun siswa untuk mengingat dan mengungkapkan fantasii dan ide-idenya saat melihat gambar-gambar tersebut.
Metode Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen. Desain yang digunakan adalah one grup pretest-posttest design. Populasi penelitian ini seluruh siswa yang berusia 5 tahun, jumlah sampel 25 responden. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Analisa yang digunakan adalah analisa bivariat dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil dari uji wilcoxson menunjukkan bahwa adanya pengaruh perkembang kognitif anak setelah diberikan permainan flash card (p = 0.000).
Kesimpulannya sebelum diberikan permainan flash card tingkat perkembangan kognitif anak kurang dan setelah diberikan intervensi tingkat perkembangan kognitif anak baik sekali.
Kata Kunci : Flash Card, Perkembangan Kognitif, Anak Usia 4-5 Tahun
Daftar Pustaka : 48 (2010 - 2021)
Download berkas