Penulis / NIM
MOHAMAD NURUL HIDAYAT DJAILANI / 841417087
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
SUWARLY MOBILIU, S.Kp., M.Kep / 00310561
Pembimbing 2 / NIDN
IBRAHIM SULEMAN, S.Kep, Ns., M.Kep / 0005039111
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad Nurul Hidayat Djailani. 2021. Hubungan Metode Pembelajaran di Masa Pandemik Terhadap Psikologi Orang Tua di SD Al-Huda Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Suwarly Mobiliu, S.Kp.,M.Kep dan Pembimbing II Ns. Ibrahim Suleman, M. Kep
Dunia saat ini dihebohkan dengan pandemi Covid-19, dimana virus ini dapat mengancam aktivitas sehari-hari termasuk di dunia pendidikan sehingga komponen pendidikan menginovasi pembelajaran jarak jauh melalui pembelajaran daring. Pembelajaran ini dimaksudkan agar proses pembelajaran tetap berlangsung di tengah pandemik covid-19. Sebagian orang tua mengalami gangguan psikologi saat mendampingi anak belajar daring, hal ini disebabkan karena beberapa faktor seperti kurangnya pemahaman orang tua dalam menggunakan elektronik, dan anak yang sulit untuk diajak belajar daring. Gangguan psikologi yang dirasakan orang tua yaitu kecemasan, stress, maupun depresi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran di masa pandemik terhadap psikologi orang tua di SD Al-Huda Kota Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional. Metode sampling Cluster Random Sampling, dengan sampel 71 responden. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan lembar observasi. Diuji menggunakan Uji Spearman Rank.
Hasil menunjukkan terdapat hubungan antara pembelajaran daring terhadap stress, depresi, maupun kecemasan orangtua dengan nilai p-Value stress = 0,001(P
Download berkas