Penulis / NIM
FATMA LASANUDIN / 841417090
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
dr SRI ANDRIANI IBRAHIM, M.Kes / 0007037104
Pembimbing 2 / NIDN
JAMAL BAHUA, S.Kep, Ns / 00280291
Abstrak
ABSTRAK
Fatma Lasanudin. 2021. Efektivitas Terapi Bermain Mewarnai dan Menyusun Puzzle Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Akibat Hospitalisasi di RSIA Sitti Khadijah Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dr. Sri A. Ibrahim, M.Kes dan Pembimbing II Ns. Jamal Bahua, S.Kep, M. Kep.
Hospitalisasi adalah masuknya individu ke rumah sakit sebagai pasien karena berbagai alasan seperti pemeriksaan fisik, prosedur operasi, dan perawatan medis. Hospitalisasi dapat menjadi stressor bagi anak sehingga menimbulkan kecemasan. Untuk menurunkan kecemasan anak dibutuhkan pemberian terapi bermain. Terapi bermain merupakan salah satu cara untuk mengatasi kecemasan anak, contoh terapi bermain yaitu mewarnai dan puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas antara terapi bermain mewarnai dan menyusun puzzle terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah (3-6 tahun) akibat hospitalisasi di RSIA Sitti Khadijah Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Experimental rancangan Non Equivalent Control Group Design, Purposive Sampling, sampel 32 responden dibagi menjadi 2 kelompok yaitu mewarnai dan puzzle, kuisioner Preschool Anxiety Scale. Analisis data Dependen T-Test dan Independent T-Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan terapi mewarnai dan menyusun puzzle nilai p-Value 0,001 (P
Download berkas