Penulis / NIM
SRI YULMAN PANANTU / 841417139
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
WIRDA Y DULAHU, S.Kep, Ns., M.Kep / 0923038701
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI SURYANINGSI HIOLA, S.Kep, Ns, M.Kep. / 0017049011
Abstrak
ABSTRAK
Suasana lingkungan pembelajaran harusnya kondusif agar memberikan persepsi yang positif sehingga mengurangi kecemasan mahasiswa terhadap proses belajar dalam pembelajaran klinik, diharapkan juga lingkungan pembelajaran klinik sebaiknya dapat mendukung pengalaman belajar mahasiswa sehingga dapat menumbuhkan semangat untuk mencari pengalaman dalam lingkungan pembelajaran klinik, lingkungan pembelajaran klinik dapat menyediakan kesempatan belajar untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan pembuat keputusan serta untuk kolaborasi dengan disiplin ilmu lainnya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi penelitian ini berjumlah 111 mahasiswa menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian didapatkan mahasiswa yang memiliki persepsi dalam kategori baik dengan jumlah 93 responden (83,8%), 17 responden (15,3%) dengan kategori cukup, dan 1 responden (0,9%) dalam kategori kurang.
Kesimpulan penelitian ini termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebanyak 93 responden (83,5%). Adapun saran yang dapat diberikan oleh peneliti yaitu bagi mahasiswa di harapkan dengan tingkat persepsi yang baik ini mahasiswa dapat terpacu untuk mencapai hasil belajar yang maksimal.
Kata Kunci: Persepsi, Mahasiswa, Profesi Ners.
Daftar Pustaka: 31 (2009-2020)
Download berkas