Penulis / NIM
AULIYA NURKAMIDEN / 841417177
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
dr. ELVIE FEBRIANI DUNGGA, M.Kes / 0017027904
Pembimbing 2 / NIDN
Ns YUNIAR MANSYE SOELI, S.Kep,M.Kep,Sp.Kep.J / 0021068501
Abstrak
ABSTRAK
Auliya Nurkamiden, 2021. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dalam Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Prasekolah 3-6 Tahun. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dr. Elvie F. Dungga, M.Kes dan Pembimbing II Ns. Cindy Puspita Sari Haji Jafar, S.Kep., M.Kep.
Keberadaan orang tua sangatlah penting, sehingga peran orang tua merupakan dasar pertama dalam pembentukan pribadi anak. Upaya tersebut dapat terwujud apabila orang tua menerapkan pola asuh yang tepat terhadap penggunaan gadget, karena pola asuh yang diberikan kepada anak akan mempengaruhi perkembangan sosial-emosional anak. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman orang tua yang lebih terhadap pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget dengan perkembangan sosial emosional anak prasekolah 3-6 Tahun di TK Mawar di Desa Bulota Kecamatan Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo
Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan Cross Sectional, dengan jumlah sampel sebanyak 39 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan analisa data menggunakan uji Chi Square.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan ada hubungan Pola Asuh Orang Tua dalam Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Prasekolah (3-6 Tahun) di TK Mawar (P Value = 0,029).
Penelitian ini diharapkan kepada orang tua bisa menerapkan pola asuh yang baik, seperti: pola asuh demokratis, dalam penggunaan gadget di kalangan anak prasekolah agar tumbuh kembang anak dapat berkembang dengan baik.
Kata kunci : Pola Asuh, Penggunaan Gadget, Perkembangan Sosial Emosional
Daftar Pustaka : 81 (2011-2020)
Download berkas