SKRIPSI

Penulis / NIM
FITRI TUMALOTO / 841417178
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
dr SRI ANDRIANI IBRAHIM, M.Kes / 0007037104
Pembimbing 2 / NIDN
Ns YUNIAR MANSYE SOELI, S.Kep,M.Kep,Sp.Kep.J / 0021068501
Abstrak
ABSTRAK Fitri Tumaloto, 2021. Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Sekolah Di SDN 2 Telaga Biru. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dr. Sri A. Ibrahim, M.Kes dan Pembimbing II Ns. Cindy Puspita Sari Haji Jafar, S.Kep.,M.Kep. Anak usia sekolah merupakan masa dimana terjadi perubahan yang bervariasi pada pertumbuhan dan perkembangan anak yang akan mempengaruhi pembentukan karakteristik dan kepribadian anak. Periode usia sekolah ini menjadi pengalaman inti anak yang dianggap mula bertanggung jawab atas perilakunya sendiri dalam hubungan dengan teman sebaya, orang tua dan orang yang ada disekitarnya. Sedangkan perkembangan sosial emosional dilakukan dengan mendengar, mengamati dan meniru hal-hal yang dilihatnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan interaksi teman sebaya dengan perkembangan sosial-emosional anak usia sekolah di SDN 2 Telaga Biru. Jenis penelitian ini menggunakan analitik korelasional dengan desain penelitian cross sectional dengan jumlah populasi 207 anak dan sampel sebanyak 67 responden melalui teknik purposive sampling dan analisa data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian di dapatkan sebagian besar anak memiliki interaksi teman sebaya baik sebanyak 48 anak (71,6%), cukup sebanyak 19 anak (28,4%). Anak yang memiliki perkembangan sosial emosional baik sebanyak 47 anak (70,1%), cukup sebanyak 20 anak (29,9%). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa ada hubungan interaksi teman sebaya dengan perkembangan sosial-emosional anak usia sekolah di SDN 2 Telaga Biru dengan (P Value = 0,049). Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan Interaksi antara teman sebaya melalui edukasi dari guru yang berada disekolah untuk anak dapat bersosialisasi dengan teman sebaya ataupun orang yang berada di sekitarnya agar anak dapat mengetahui pentingnya interaksi teman sebaya untuk perkembangan sosial-emosionalnya. Kata kunci : Interaksi Teman Sebaya dan Perkembangan Sosial Emosional Daftar Pustaka : 49 (2010-2021)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011