Penulis / NIM
SENDRIYANI R. RADJIKU / 841418090
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. HERLINA JUSUF, M.Kes / 0001106308
Pembimbing 2 / NIDN
ANDI MURSYIDAH, S.Kep.,NS., M.Kes / 8870430017
Abstrak
Anak yang tidak mengkonsumsi buah dan sayur mengakibatkan gangguan pada proses tumbuh kembangnya dan beresiko mengalami stanting. Dalam hal ini kurangya tingkat pengetahuan anak merupakan salah satu faktor penyebab. Oleh karena itu penggunaan media edukasi sangat penting dalam menambah pemahaman anak terkait edukasi tersebut. Story telling menggunakan media audio visual merupakan media edukasi yang tepat bagi anak usia prasekolah. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh story telling menggunakan media audio visuai terhadap tingkat pengetahuan anak usia prasekolah dalam konsumsi buah dan sayur di TK Dewantara kabupaten Bone Bolango.
Jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan Pra-Eksperimental. Desain yang digunakan adalah one group pre test- post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh TK Dewantara kabupaten bonebolango. Teknik sampling yang
digunakan adalah Total sampling dengan jumlah sampel 23 responden. Anaiisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test.
Hasil penelitian ini didapatkan bahwa tingkat pengetahuan anak usia prasekolah sebelum diberikan Story Telling terdapat 8 responden (34,8%) memiliki tingkat pengetahuan yang baik dan memiliki pengetahuan cukup sebanyak 15 responden (65,2%) dan setelah diberikan story telling didapatkan tingkat pengetahuan anak mengalami peningkatan sebanyak 19 responden (82,6%) memiliki tingkat pengetahuan baik dan yang memiliki pengetahuan cukup sebanyak 4 responden (17,4%). Hasil dari uji wilcoxon menunjukan bahwa ada pengaruh story telling menggunakan media audia visual terhadap tingkat
pegetahuan anal prasekolah (P-value= 0,001),
Kesimpulan terdapat pengaruh story telling menggunakan media audio visual terhadap tingkat pengetahuan anak usia prasekolah dalam konsumsi buah dan sayur di TK Dewantara Kabupaten Bone Bolango.Penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi bagi orang tua dan guru agar dapat memiih media pembelajaran yang tepat bagi anak prasekolah.
Kata Kunci : Story Telling, Pengetahuan, Anak Prasekolah
ABSTRACT
Children who do not connime fruits and vegetables cause disturbnrtces in their growth arid development process and one of its contributing factors is the lack of children������s knowledge level. Therefore, the use of educational media is crucial in increasing children������s imderstanding. Story telling using audio-visual media is an appropriate educational medium for preschoolers.
This present research aims to determine the effect of story telling using audio- visual media on the knowledge level of prcschoolers in consuming fruits and vegetables. This type of research used is quantitative with a pre-experimental design while thc type of group design used is pre-test and post-test. The populations in this research are all TK Dewantam students. In the meantime, the samples are 23 students that are determined thmugh total sampling. The data analysis employs Wilcoxon Signed Rank Test.
The research findings indicate that the knowledge level of preschoolers before
> s treated with Story Tclling is that the majority ot����Ã..."respondcnts or l5 preschoolers (65.2%) indicate a sufficient level of knowledge. In addition, after using Story tellins , the knowledge level of 19 preschoolers (82.6%) incimses which indicates a good
level of knowledge. Additionally, the results of Wilcoxon test confirms the emergence of effect of story telling using audio-visual media on the knowledge level of preschoolers (p-value= 0.001).
To conclude, there is an effect of story telling using audio-visual media on the knowledge leve of preschoolers in consuming fruits and vegetables at TK Dewantara, Bone Bolango Rangecy
Keywords : Story Telling, Knowledge, Preschoolers
Download berkas