Penulis / NIM
RATU RAHMA SAPUTRI IBRAHIM / 841418100
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. HERLINA JUSUF, M.Kes / 0001106308
Pembimbing 2 / NIDN
ITA SULISTIANI, S.Kep, Ns., M.Kep / 0029058804
Abstrak
Ratu Rahma Saputri Ibrahim, 2022. Efektivitas Pemberian Permainan Edukatif Origami Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Di PAUD Menara Ilmu Limboto. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Herlina Jusuf, Dra, M.Kes Dan Pembimbing II Ns. Ita Sulistiani, S.Kep, M.Kep.
Perkembangan merupakan bertambahnya kemampuan fungsi semua sistem organ tubuh akibat kematangan fungsi sistem organ tubuh yang bersifat reversible. Salah satu perkembangan anak yang penting untuk dipantau pada usia prasekolah yaitu 3-6 tahun berupa perkembangan motorik karena banyak kinerja kognitif yang berakar pada keberhasilan perkembangan motorik. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisa pengaruh pemberian permainan edukatif origami terhadap perkembangan motorik halus anak usia prasekolah di PAUD Menara Ilmu Limboto.
Jenis penelitian kuantitatif menggunakan desain pra eksperimental dengan teknik one group pre-post test design, variabel independen permainan edukatif origami, variabel dependen perkembangan motorik halus. Sebanyak 44 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan random stratified sampling.
Hasil penelitian didapatkan perkembangan motorik halus responden sebelum diberikan permainan edukatif origami, kategori normal sebanyak 35 responden (79.5%), kategori suspect sebanyak 9 responden (20.5%). Setelah diberikan permainan edukatif origami berada pada perkembangan kategori normal, sebanyak 44 responden (100%).
Disimpulkan ada pengaruh permainan edukatif origami terhadap perkembangan motorik halus anak usia prasekolah di PAUD Menara Ilmu Limboto menggunakan uji statistik mann whitney, signifikan (p Value 0,002 < 0,05). Diharapkan dapat memberikan informasi kepada sekolah dan guru tentang perilaku media yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan motorik halus siswa.
Kata Kunci: Origami, Perkembangan Motorik Halus, Anak Prasekolah
Daftar Pustaka: 65 (1996-2021)
Download berkas