Penulis / NIM
RIA ANGGITA POTABUGA / 911409006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Ria Anggita Potabuga, 2013. ”Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif 1 (Studi Kasus Di Kelas X Ak SMK Negeri 1 Kota Gorontalo)”. Program Studi Pendidikan Ekonomi Kosentrasi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Ibu Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd dan Ibu Radia Hafid, S.Pd, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif 1 di Kelas X Ak SMK Negeri 1 Kota Gorontalo. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yakni untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi pedagogik guru Terhadap motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran produktif 1 di Kelas X Ak SMK Negeri 1 Kota Gorontalo.
Berdasarkan data dari 30 orang sampel, dengan menggunakan analisis regresi maka hasilnya menunjukan bahwa terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa, hal ini dibuktikan melalui uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Berdasarkan perhitungan pada lampiran 6 diperoleh thitung = 7,38 sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis terima H0 jika t (1 - ½?) < thitung < t (1 - ½?) dengan ? = 0,05, dan dk = n – 2. tdaftar = 1,701 dengan demikian thitung ? tdaftar telah berada diluar penerimaan H0, atau menolak H0 dan menerima Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi ”terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif 1 di Kelas X Ak SMK Negeri 1 Kota Gorontalo dinyatakan dapat “diterima”.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa
?
Download berkas