Penulis / NIM
FITRIYANTI / 911409008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
Fitriyanti. 911409008. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Learning Together (LT) Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIIIA SMP Negeri 16 Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. 2013.
Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah apakah Penggunaan Model Pembelajaran Learning Together (LT) Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 16 Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), dimana dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu variabel input, variabel proses, dan variabel output. Subyek penelitian berjumlah 20 orang. Prosedur penelitian terdiri dari tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan/observasi, dan tahap analisis dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar pengamatan guru, lembar pengamatan siswa dan pemberian tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan data hasil observasi guru, data hasil observasi siswa dan data hasil belajar siswa.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: “Jika digunakan model pembelajaran Learning Together (LT) pada mata pelajaran IPS Terpadu, maka hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 16 Kota Gorontalo akan meningkat” telah teruji dan dapat diterima karena didukung dengan hasil analisis data: 1) siswa yang memperoleh hasil belajar 75 ke atas meningkat dari 35% hasil observasi awal menjadi 65% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 80% hasil siklus II, 2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 80% siklus I menjadi 100% pada siklus II, dan 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat 52,17% siklus I menjadi 86,94% hasil siklus II.
Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Learning Together (LT).
Download berkas