SKRIPSI

Penulis / NIM
YUSTIANI / 911409012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
IMRAN ROSMAN HAMBALI, S.Pd., SE., MSA / 0023087004
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK Yustiani. 911409012. Pengaruh Pelaksanaan Moving Class Terhadap Efektivitas Pembelajaran Di Sma Negeri 4 Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Program Studi SI Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan moving class terhadap efektivitas pembelajaran di SMA Negeri 4 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Subyek penelitian berjumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa observasi, angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan analisis regresi dan korelasi sederhana. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini ditemukan hal-hal sebagai berikut: 1). Pengujian normalitas data, data mengenai moving class sebagai variabel X dan efektivitas pembelajaran sebagai variabel Y menunjukan distribusi normal. 2). Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian diperoleh persamaan regresi ?= 8,999+0,628X. Hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu unit skor moving class, maka skor efektivitas pembelajaran akan meningkat sebesar 0,628 unit pada konstanta 8,999. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka dapat dilihat bahwa hipotesis yang berbunyi diduga terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan moving class terhadap efektivitas pembelajaran dapat diterima. Dengan uji koefisien korelasi diperoleh harga r=0,566 dan uji koefisien determinasi diperoleh r2 = 0,3206 atau 32,06%. Hasil ini menunjukkan bahwa tingkat keeratan pengaruh antara variabel X dengan variabel Y sebesar 32,06%. Artinya variasi variabel efektivitas pembelajaran siswa sekitar 32,06% dapat dijelaskan oleh variabel moving class siswa, sementara 67,94% sisanya terdapat pada faktor lain diluar moving class siswa yang tidak terdesain oleh peneliti. Kata Kunci: Moving Class, Efektivitas Pembelajaran
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011