SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI NOVITA ABUBAKAR / 911409014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK Sri Novita Abubakar 911 409 014. 2013, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur Pada Mata Pelajaran Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan di kelas X ADP 3 SMK Negeri I Limboto” Skripsi. Konsentrasi Pendidikan Perkantoran Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Raflin Hinelo, S.Pd., M.Si dan Pembimbing II Bapak Agil Bachsoan, S.Ag., M.Ag. Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Kepala Bernomor Struktur dalam pembelajaran Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan di Kelas X ADP 3 SMK Negeri I Limboto, Hasil belajar siswa akan meningkat? Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian berjumlah 30 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses, dan output. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni lembar pengamatan untuk menilai kegiatan guru, lembar pengamatan untuk menilai kegiatan siswa, dan lembar tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran dengan menggunakan data hasil observasi kegiatan guru dan aktivitas siswa serta data hasil belajar siswa. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis tindakan yang berbunyi: jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Kepala Bernomor Struktur, maka hasil belajar siswa akan meningkat dapat diterima karena didukung dengan hasil analisis data: 1) siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 75 meningkat dari 40% hasil observasi awal menjadi 50% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 83,34% hasil siklus II, 2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termaksud pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 63,33% siklus I menjadi 86.67% pada siklus II, dan 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termaksud pada kategori sangat baik dan baik meningkat 58,18% siklus I menjadi 86.96% hasil siklus II. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur ABSTRACT Sri Novita Abubakar, 911 409 014. 2013. “Increasing Student’s Achievement Through the Applying of Cooperative Learning Model of Structural Numbered Head Type on Giving Service Subject At Class X ADP 3 Of SMK Negeri 1 Limboto” Skripsi. Concentration of Office Administration Education, Study Program of Economics Education, Department of Economics Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Gorontalo. The principal supervisor was Raflin Hinelo, S.Pd., M.Si and the co-supervisor was Agil Bachsoan, S.Ag., M.Ag. This research based on the problem whether the applying of cooperative learning model of structural numbered head type can increase student’s achievement on giving service subject or not. Method of the research applied class action research. Subject of research was 30 people. Variable of research consisted of input, process and outpu variable. Steps of the research were planning, implementing, observating and reflecting. Techniques of collecting the data were observation sheet for teacher’s and student’s activity also test to measure the increasing of student’s achievement. Techniques of analysing the data were done quantitatively in the end of learning cycles and used data of observation result of teacher’s and student’s observation and test result. Therefore, the research hypothesis which stated that “if teacher used cooperative learning model of structural numbered head type, then student’s achievement will increase” was accepted. It was becaused of data analysis result which were: 1) students who gained score minimum 75, increased from 40% on first observation to 50% on first cycle and increased more to 83,34% on second cycle; 2) observation result of teacher’s activity in excellent and good category increased from 63,33% on first cycle to 86,67% on second cycle, and; 3) observation result of student’s activity in excellent and good category increased from 58,18% on first cycle to 86,96% on second cycle. Key Words: Student’s Achievement and Cooperative Learning Model of Structural Numbered Head Type
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011