SKRIPSI

Penulis / NIM
ROSITA SAYEDI / 911409016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK Rosita Sayedi. 911409016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Dengan Metode Drill Pada Materi Kertas Kerja (Worksheet) Mata Pelajaran Akuntansi kelas X5 SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas negeri gorontalo. 2013. Penelitian ini berdasarkan rumusan masalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran cooperatif learning dengan metode drill pada materi kertas kerja (Worksheet) mata pelajaran akuntansi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X5 SMA Negeri 2 Gorontalo?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Dimana dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu variabel input, variabel proses, dan variabel output. Prosedur penelitian terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi dan pemberian tes. Dan untuk teknik analisis data dilakukan dengan cara kuantitatif serta menggunakan kriteria penilaian hasil belajar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran cooperative learning dengan metode drill. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-5 SMA Negeri 2 Gorontalo yang berjumlah 27 orang dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran akuntansi. Data hasil penelitian ini diperoleh dari wawancara kepada guru mata pelajaran, melakukan observasi pada kegiatan guru dan siswa dalam proses pembelajaran dan pemberian tes hasil belajar pada akhir pembelajaran. Data hasil penelitian ini menunjukaan bahwa siswa yang memperoleh hasil belajar 75 ke atas meningkat dari 37,03% hasil observasi awal menjadi 62,96% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 81.48% hasil siklus II, dan hasil pengamatan kegiatan guru yang termaksud pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 76,67% siklus I menjadi 100% pada siklus II, selain itu, hasil pengamatan kegiatan siswa yang termaksud pada kategori sangat baik dan baik meningkat 56,52% siklus I menjadi 86,96% hasil siklus II. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi jika guru menggunakan model pembelajaran cooperative learning dengan metode drill maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi akan meningkat dan dapat terbukti. Kata kunci : Hasil Belajar, model cooperative learning, dan metode drill.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011