Penulis / NIM
LIS ARIYANTI TAMBUNG / 911409017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
MOHAMMAD AGUSSALIM MONOARFA, SE, MM / 0017088001
Abstrak
ABSTRAK
Lis Ariyanti Tambung. NIM. 911 409 017. 2013. Pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap aktivitas belajar siswa di SMP Negeri 13 Kota Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Raflin Hinelo, S.Pd, M.Si, Pembimbing II : Moh. Agus Salim Monoarfa, SE, M.M
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap aktivitas belajar siswa di SMP Negeri 13 Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi dan korelasional.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti antara aktivitas belajar siswa dengan kondisi ekonomi orang tua di SMP Negeri 13 Kota Gorontalo. Dengan demikian maka aktivitas belajar siswa SMP Negeri 13 Kota Gorontalo dipengaruhi oleh kondisi ekonomi orang tua
Berdasarkan temuan di atas maka dikemukakan beberapa saran sebagai berikut: 1) bahwa dalam rangka meningkatkan aktivitas belajar siswa SMP Negeri 13 Kota Gorontalo, maka sangat diperlukan dukungan orang tua untuk membantu menyediakan fasilitas belajar yang memadai bagi anaknya yang sedang mengikuti pendidikan di sekolah, 2) untuk mendukung peningkatan aktivitas belajar siswa diperlukan penciptaan suasan dan iklim yang kondusif oleh orang tua serta dibutuhkan dukungan sarana pembelajaran yang memadai, 3) kepada orang tua agar memprioritaskan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penyediaan fasilitas belajar yang memadai sehingga mereka dapat melaksanakan aktivitas belajar dengan baik
Kata Kunci: kondisi ekonomi orang tua, aktivitas belajar siswa
Download berkas