SKRIPSI

Penulis / NIM
AMIEN RACHMANI KUSUMA MAHARDHIKA / 911409018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak

 ABSTRAK Amien Rachmani K.M. 911 409 018. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Di Kelas XB SMA Al Yusra Gorontalo Skripsi Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurpusan S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Irina PopoiS.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Meyko Panigoro S.Pd, M.Pd. metode peneltian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas . subyek penelitian berjumlah 34 orang. Variabel penelitian teerdiri dari variabel input, proses, dan output. Tahapan penelitian terdiri dari persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan instrumen penelitian berupa observasi dan tes. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif serta menggunakan kriteria penilaian prestasi hasil belajar. Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah apakah dengan menggunakanakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas XB SMA Al Yusra Gorontalo. Sebagai kesimmpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi jikaguru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Togther NHTpada kelas XB di SMA Al Yusra Gorontalo maka hasil belajar akan meningkat, dapatditerima karena didukung dengan hasil belajar siswa yang meningkat pada tahapobservasi awal hasil belajar hanya 58% setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi67,64% dan meningkat lagi setelah dilakukan siklus II menjadi 85,29%. Hasilpengamatan kegiatan guru juga meningkat dari 70,57% pada siklus I menjadi 94, 12%pada siklus II. Hasil pengamatan kegiatan siswa juga meningkat dari 71.42% padasiklus I menjadi 85,72% pada siklus II. Kata Kunci Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together NHT

 

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011