Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
ABSTRAK Amien Rachmani K.M. 911 409 018. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Di Kelas XB SMA Al Yusra Gorontalo Skripsi Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurpusan S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Irina PopoiS.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Meyko Panigoro S.Pd, M.Pd. metode peneltian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas . subyek penelitian berjumlah 34 orang. Variabel penelitian teerdiri dari variabel input, proses, dan output. Tahapan penelitian terdiri dari persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan instrumen penelitian berupa observasi dan tes. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif serta menggunakan kriteria penilaian prestasi hasil belajar. Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah apakah dengan menggunakanakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas XB SMA Al Yusra Gorontalo. Sebagai kesimmpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi jikaguru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Togther NHTpada kelas XB di SMA Al Yusra Gorontalo maka hasil belajar akan meningkat, dapatditerima karena didukung dengan hasil belajar siswa yang meningkat pada tahapobservasi awal hasil belajar hanya 58% setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi67,64% dan meningkat lagi setelah dilakukan siklus II menjadi 85,29%. Hasilpengamatan kegiatan guru juga meningkat dari 70,57% pada siklus I menjadi 94, 12%pada siklus II. Hasil pengamatan kegiatan siswa juga meningkat dari 71.42% padasiklus I menjadi 85,72% pada siklus II. Kata Kunci Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together NHT