Penulis / NIM
MARSELINA DATUELA / 911409020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Marselina Datuela. Nim 911 409 020. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajar Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran IPS Kelas X ANKIM2 SMK Negeri 1 Gorontalo. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Pend. Ekonomi, Kosentrasi Pend. Perkantoran, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Raflin Hinelo, S.Pd, M.Si dan pembimbing II, Radia Hafid, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajraan kooperatif tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran IPS di SMK Negeri 1 Gorontalo. Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran IPS Kelas X ANKIM2 yang dilihat dari sebagian hasil belajar siswa sudah baik.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dikelas X ANKIM2 SMK Negeri 1 Gorontalo, dengan subjek penelitian 36 0rang siswa, 7 orang laki-laki dan 29 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan instrument penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan siswa dan analisis hasil belajar siswa. Hasil siklus I mencapai ketuntasan sebesar 47,22 % atau 17 orang siswa tuntas dengan nilai rata-rata kelas 72,91%, dan siklu II mencapai ketuntasan sebesar 88,88% atau 32 orang siswa dengan rata-rata kelas 82,5%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran IPS dapat meningkat hasil belajar siswa Kelas X ANKIM2 SMK Negeri 1 Gorontalo.
Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif, Model pembelajaraan Snowball Throwing dan Hasil belajar.
Download berkas