Penulis / NIM
NUR KURNIATI DJ. PAMENGKA / 911409021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Nur Kurniati Dj Pamengka. Nim 911 409 021. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS TERPADU kelas VIII di Mts KAIDIPANG. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Pend. Ekonomi, Kosentrasi Pend. Akuntansi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Hamzah Yunuz, M.Pd, dan pembimbing II, Radia Hafid, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ips terpadu kelas VIII di Mts Kaidipang.
Penelitian kuantitatif ini dilaksanakan di Mts Kaidipang kelas VIII. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi, pengambilan sampel sebanyak 35 % dengan menggunakan tehnik proportional random sampling. Tehnik analisis data dilakukan melalui uji validitas, reabilitas dan normalitas data. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini digambarkan oleh persamaan regresi Y ?=10,984 + 0,526X adalah ” Terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ips terpadu”. Model regresi ini menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu skor tingkat motivasi akan diikuti oleh peningkatan skor hasil belajar IPS terpadusiswa sebesar 0,526 unit pada konstanta 10,984. Hasil pembahasan penelitian mengacu pada hasil hipotesis bahwa “Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ips terpadu kelas VIII di Mts Kaidipang”. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Sesuai dengan pengujian hipotesis maka tingkat motivasi memiliki indikasi positif pada peningkatan hasil belajar ips terpadu.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.
Download berkas